Seleksi Calon Mahasiswa Bidik Misi

by -

PANGKALPINANG – Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) seleksi calon mahasiswa bidik misi. Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang, Adrian Sutawijaya di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan jumlah calon mahasiswa yang akan menerima beasiswa melalui program bidik misi pada tahun 2016 ini sebanyak 50 orang.     “Peserta yang sudah mendaftar melalui program bidik misi sebanyak 105 orang yang berasal dari SMA se-kabupaten/kota,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada sebanyak dua prodi yang diajukan untuk program tersebut yaitu prodi manajemen dan ekonomi pembangunan. “Persyaratan untuk mendaftar program bidik misi tahun 2016 di antaranya peserta adalah lulusan SMA sederajat, tergolong masyarakat kurang mampu secara ekonomi, memiliki potensi akademik memadai,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, peserta harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.     “Peserta juga harus memiliki komitmen untuk menempuh dan menyelesaikan studi di UT, yang dinyatakan dalam perjanjian atau kontrak antara UT dengan mahasiswa penerima bidik misi yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak termasuk ketaatan mahasiswa terhadap peraturan perguruan tinggi terkait program bidik misi dan sanksi-sanksi terhadap pelanggarannya,” terangnya.

Ia menjelaskan, beasiswa bagi mahasiswa bidik misi bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yakni sebesar Rp6 juta per mahasiswa per semester. Ia mengatakan, pendaftaran bidik misi sudah dimulai tanggal 1 hingga 26 Mei 2016 dan test wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei nanti.(ant/rb)