Semua Desa Buka Lowongan Perangkat

by -
foto kiri 1- wigman
Wigman WS

TANJUNGPANDAN – Kabar gembira bagi masyarakat di desa. Sesuai Permendagri Nomor 84 tahun 2015 ada penambahan perangkat di desa.

Yaitu penambahan dua jabatan. Sebelumnya di desa hanya ada empat Kepala Urusan (Kaur). Dengan adanya Permendagri ini makan menjadi tiga Kaur dan tiga Kepala Seksi (Kasi). Yaitu Kasi Kesejahteraan Rakyat, Kasi Pemerintahan, dan Kasi Pelayanan Masyarakat. Dan ditambah Kaur Keuangan, Kaur Umum dan Tata Usaha, dan Kaur Perencanaan. Sebelumnya di desa diisi empat Kaur, yaitu Kaur Pemerintahan, Kaur Umum dan Tata Usaha, Kaur Perencanaan, dan Kaur Kesejahraan Rakyat.

“Tahun lalu, perangkat desa hanya ada empat Kaur. Dengan adanya perubahan ini akan membutuhkan tenaga dan menambah lowongan perangkat desa. Otomatis kesempatan warga desa, minimal dua lowongan tiap desa. Belum lagi mereka perlu staf,” Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Belitung Wigman WS kepada Belitong Ekspres Kamis (18/5) kemarin.

Ada perbedaan tugas antara Kasi dan Kaur. Kaur bertanggungjawab kepada Sekdes dan Kasi bertanggungjawab kepada Kades. Karena Kaur bertugas hanya melayani administrasi dan masyarakat. Sedangkan Kasi bertugas unsur teknis. “Istilahnya kalau di SKPD, Kasi itu bisa dibilang PPK,” jelasnya.(ade)