Sepekan 3 Kali Kecelakaan di Belitung, Tewaskan 2 Pengendara

by -
Sepekan 3 Kali Kecelakaan di Belitung, Tewaskan 2 Pengendara
Situasi kecelakaan lalu lintas di Simpang tiga Badau. Mobil Xenia mengalami kerusakan berat dan truk terpelosok di bandar air. (Foto ist)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dalam waktu sepekan, ada tiga kejadian kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Belitung. Peristiwa kecelakan tersebut sudah menewaskan dua orang pengendara. Selain itu, satu kecelakaan lalu lintas mengakibatkan kerusakan mobil cukup parah.

Pertama, kecelakaan terjadi Jumat (26/6) lalu di Jalan Jendral Sudirman Pangkallalang. Saat itu terjadi tabrakan antara pengendara bermotor. Belum diketahui pasti kronologi kejadiannya. Akibat peristiwa ini satu orang tewas berinisial AN (20).

Kedua laka lantas terjadi di Traffic light Simpang Empat, Jalan Jenderal Sudirman Pangkallalang, Kamis (2/7) lalu. Saat terjadi tabrakan antara sesama pengemudi yang pick up. Atas peristiwa ini seorang kakek berinisial SD (60) tewas di tempat.

Ketiga, di hari yang sama juga terjadi kecelakaan lalu lintas. Kali ini kejadiannya di Jalan Abdul Rahman Simpang Tiga, Desa Badau. Yakni antara mobil Xenia BN 1676 XB yang dikemudikan FD bertabrakan dengan truk BN 87771 WN kemudikan Ma (34).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sebab kedua kendaraan tersebut mengalami kerusakan cukup berat. Khususnya mobil Xenia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat itu truk yang dikemudikan MA melaju dari arah Tanjungpandan menuju ke Dendang Beltim. Setibanya di lokasi, datang mobil Xenia dari Manggar menuju ke Tanjungpandan, diduga jalanan licin akhirnya terjadilah kecelakaan ini.

Setelah tabrakan ini, truk warna kuning yang dikemudikan MA terpelosok di dalam bandar air yang berada di lokasi. Dan mengalami kerusakan patah dibagian AS Panjang. Sedangkan Xenia mengalami kerusakan berat di bagian depan.

Kasatlantas Polres Belitung AKP Dwi Purwaningsih tak menampik adanya sejumlah kecelakaan tersebut. Namun ia masih belum banyak berkomentar mengenai adanya peristiwa laka lantas di Kabupaten Belitung.

Bahkan saat ini, pihaknya masih memikirkan solusi bagaimana angka kecelakaan lalu lintas di Belitung bisa ditekan. Sebab dalam waktu sepekan sudah terjadi laka lantas yang menewaskan sejumlah pengendara. “Kita masih memikirkan,” kata AKP Dwi.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya laka lantas di Belitung, Jajaran Binmas Polres Belitung akan melakukan sosialisasi menggunakan mobil patrolinya, kepada masyarakat. Khususnya warga Tanjungpandan.

Kasat Binmas Polres Belitung AKP Khairuddin mengatakan, dirinya telah memantau sejumlah peristiwa kecelakaan lalu lintas di Belitung. Yakni yang menewaskan sejumlah pengendara.

“Kita prihatin dengan apa yang terjadi saat ini. Dalam waktu dekat ini kita akan sosialisasi kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas. Khususnya di sekolah-sekolah,” kata Mantan Kasatlantas Polres Belitung Timur ini.

“Selain itu, kita akan keliling Belitung untuk sosialisasi dengan mobil binmas. Kita akan umumkan kepada masyarakat dengan menggunakan toa (pengeras suara),” sambungnya. (kin)

Editor: Yudiansyah