Serabut Kelapa Nyaris Hanguskan Rumah Warga Dusun Garumedang 

by -
Serabut Kelapa Nyaris Hanguskan Rumah Warga Dusun Garumedang 
Anggota Unit Damkar BPBD Beltim memastikan kebakaran telah terkendali usai berhasil dipadamkan.

belitongekspres.co.id, DAMAR – Tumpukan serabut kelapa di rumah warga Dusun Garumedang Desa Sukamandi diduga menjadi penyebab kebakaran rumah milik Rahimin (62), Rabu (6/2) siang. Beruntung, api hanya menghanguskan bagian belakang rumah yang terbuat dari papan tersebut setelah upaya pemadaman oleh Unit Damkar BPBD Beltim bersama masyarakat sekitar.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Beltim Surya Mulyana mengatakan, informasi kebakaran diterima Unit Damkar sekitar pukul 13.35 wib yang dilaporkan anggota Tagana. Mendapat laporan tersebut, anggota jaga Damkar langsung berangkat menuju lokasi.

“Begitu mendapat laporan, tim BPBD langsung bergerak dengan menurunkan 3 Unit Damkar dan 1 Unit kendaraan Rescue. Dugaan sementara, sumber api bermula dari belakang rumah dari tumpukan serabut kelapa yang bertumpuk, api menjalar ke dinding rumah yang terbuat dari papan kayu dan menjalar ke atas atap,” terangnya.

Menurut Surya, sebelum Unit Damkar tiba dilokasi, masyarakat sekitar telah melakukan upaya memadamkan api walau dengan peralatan seadanya. Barulah kemudian, Unit Damkar yang memastikan api benar-benar mampu dipadamkan.

“Warga sekitar segera memadamkan api tersebut dan tim BPBD datang kelokasi menelusuri titik api dan melakukan pendinginan area sekitar, setelah dianggap aman tim kembali ke mako pukul 14.30 WIB,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas kebakaran tersebut, sedangkan kerugian materi belum dapat dihitung. Akibat kebakaran itu, sebagian dinding rumah milik Rahimin habis terbakar. (msi)