Serunya Mancing Ikan Nila

by -

*Surutnya aliran sungai Rangkui Dimanfaatkan Warga

PANGKALPINANG – Surutnya aliran sungai Rangkui, di kawasan Jalan Trem Pangkalpinang dimanfaatkan warga sekitar menangkap ikan Nila. Bahkan saking mudahnya, warga menangkap ikan tersebut menggunakan tangan.
Seperti yang dilakukan Upi (17), Sabtu (28/2). Bersama puluhan warga lainnya, tanpa menghiraukan panasnya terik matahari dan air yang kotor, ia turun ke sungai.
Diakui Upi, meski berjibaku dengan lumpur dan sampah di sungai, tak sulit untuk menyalurkan hobinya lantaran air sungai yang surut selain mempersiapkan gala jaring dan wareng sebagai alat tangkap. “Pakai tangan juga bisa. Sebab, ikannya memang terlihat di permukaan air,” kata pemuda itu.
Selama dua jam memancing, ia pun mendapatkan hasil yang cukup memuaskan yakni ikan Nila dan jenis lainnya seberat Tiga kilogram. Hasil ini, kata dia, akan dimakan bersama-sama dengan temannya sembari menikmati malam Minggu. “Untuk makan bang (wartawan-red). Rencananya pesta-pesta. Ikannya lumayan besar-besar, ada yang ukurannya 5 jari,” tuturnya.
Sama halnya dengan Yus (32). Dia dengan anaknya mencari ikan karena kesenangan. Hasil tangkapan ikan rencananya akan dimakan bersama keluarga. Menurut Yus, tangkapan ikan ini merupakan berkah di saat harga beras dan sembako naik. “Hasil (tangkapan) nya lumayan, bisa untuk lauk pauk di rumah,” katanya.
Sementara warga lain tampak memadati tepi sungai di kawasan itu untuk melihat puluhan warga menangkap ikan. Seperti Adi, sengaja berhenti untuk melihat-lihat tangkapan ikan warga. “Mumpung nyonya (istri-red) pada belanja di pasar, jadi mendingan nonton warga nangkap ikan. Ikannya benar-benar terlihat di permukaan,” akunya. (iam)