Setahun DPO, Pelaku Curanmor Diringkus

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Saat Berada di Jalan Pemuda Tanjungpandan

GANTUNG – Wendi Pranata alias Cintong (25) warga Desa Batu Penyu kecamatan Gantung akhirnya berhasil diringkus personil Satreskirim Polres Belitung Timur (Beltim), setelah mendapatkan laporan dari masyarakat. Ia diringkus saat berada di Jalan Pemuda Tanjungpandan, Belitung, Rabu (11/2).
Wendi merupakan DPO pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) milik Jasmandi (37), Sekretaris Desa (sekdes) Desa Lilangan Kecamatan Gantung, yang terjadi tahun 2014 lalu. Sebelumnya, rekan DPO itu sudah lama diringkus petugas pada Maret 2014 lalu.
“Pelaku pencurian motor milik Sekdes Lilangan ini adalah dua orang. Yang satunya sudah kita terdalahu kita amankan, dan kali ini tersangka yang juga DPO kembali berhasil diringkus,” ungkap Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi S.ik melalui Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Rustian Effendi, Kamis (12/2) kemarin.

Baca Juga:  Soal Interpelasi, Kok Dewan Pecah Kongsi?

Terungkapnya keberadaan DPO ini, kata Rustian setelah petugas menerima informasi dari masyarakat. Pelaku yang saat itu masih berada di Jalan Pemuda Tanjungpandan, langsung diringkus petugas Satreskrim Polres Beltim. Pelaku kemudian dibawa dan diamankan di Mapolsek Gantung.

“Karena dulu kasus ini ditangani oleh Polsek Gantung, maka pelaku saat ini kita amankan di Polsek Gantung, meski yang meringkus anggota Reserse Polres Beltim,” terang AKP Rustian, yang saat itu menjabat Kapolsek Gantung.

Baca Juga:  Poligami Jangan jadi Kedok Untuk Bersenang-senang

Sepeda motor yang dicuri oleh pelaku dengan rekannya pada Maret 2014 lalu adalah sepeda motor Jupiter MX dengan nomor Polisi BN 6832 GK, milik Sekdes Lilangan Desa Gantung.

“Pelaku kita tahan untuk proses penyidikan lebih lanjut. Pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun,”paparnyanya.

Atas kejadian pencurian itu, ia menghimbau kepada warga masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan saat memarkirkan sepeda motor.

“Terutama saat di tempat parkir, tidak membiarkan kunci dalam keadaan menempel. Bila perlu menggunakan kunci pengaman tambahan,” pinta AKP Rustian. (feb)

Tags:
author

Author: