Setetes Darahmu Selamatkan Nyawa

by -

TANJUNGPANDAN-Tim KKN UGM Tanjung Binga bekerjasama dengan PMI Kabupaten Belitung mengadakan Donor Darah, Sabtu (15/8) pekan lalu. Acara Donor Darah ini sekaligus meramaikan acara Belitung Fair yang tengah berlangsung di Pantai Tanjung Pendam.
Para pengunjung maupun exhibitor Belitung Fair turut berpartisipasi menyumbangkan darahnya. Telah terkumpul sekitar 22 kantong darah dalam acara donor darah yang berlangsung sejak pukul 09.00 wib pukul 14.00 wib.
Kantong-kantong darah yang berhasil terkumpul dalam acara ini akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan dan sekaligus menjadi stok darah di PMI Kabupaten Belitung. Selain menjadi program kerja KKN UGM Tanjung Binga, acara Donor Darah ini juga merupakan salah satu kegiatan rutin dari PMI Belitung.
Pengunjung yang ingin mendonorkan darahnya harus di cek terlebih dahulu. Pendonor harus mengisi formulir tentang data diri, kemudian diperiksa tekanan darahnya. Setelah itu, dicek kadar hemoglobin darah. Jika semuanya memenuhi, maka pendonor tersebut siap dan bisa menjadi pendonor darah.
Dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk 350 cc kantong darah per orang. Kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat karena menguntungkan segala pihak. Sebab, bagi sang pendonor, donor darah dengan rutin dapat menyehatkan badan terutama jantung, karena otomatis sirkulasi darah akan menjadi lebih baik.
Selain itu, jantung akan terlatih untuk memompa darah, sehingga jantung akan lebih sehat. Kemudian, donor darah juga dapat mencegah penyakit struk, dan meningkatkan kesehatan secara psikologis. (ist/mg4)