Setjen MPR RI Bekali SMAN 1 Gantung

by -

GANTUNG – Menjelang Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tingkat Nasional yang akan digelar pada tanggal 7 hingga 18 Agustus 2015 di Jakarta, Setjen MPR RI mengunjungi SMAN 1 Gantung, Senin (30/3).

Setjen MPR RI yang berjumlah tiga orang yaitu, Aip Suherman, Tommy dan Wahyu, memberikan pembekalan kepada 10 siswa SMAN 1 Gantung, guna persiapan mengikuti lomba mewakili Provinsi Babel.

“Secara personal, ke sepuluh anggota tim LCC SMAN1 GANTUNG dianggap sudah siap. Baik dari segi pemahaman materi dan modalnya sudah cukup baik, untuk melawan perwakilan-perwakilan dari 33 Provinsi lainnya pada ajang LCC tingkat nasional nantinya,” ujar Aip Suherman sekaligus Ketua rombongan dari Setjen MPR RI, kepada harian ini.

Aip Suherman memberi pesan kepada tim LCC SMAN 1 GANTUNG supaya memiliki target dan trik tersendiri untuk menjadi juara nasional.
“Menjaga sportifitas, berdoa dan terus menghapal. Selain cerdas juga harus cermat dalam menjawab soal. Emosi juga harus dijaga supaya tetap stabil serta persiapkan mental dan segalanya, miliki target dan trik sendiri untuk menjadi juara nasional,” pesannya dengan penuh semangat.

Kegiatan pembekalan dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada peserta lomba tentang materi LCC 4 Pilar MPR RI. Materi pembekalan meliputi teknis lomba dan materi materi pendalaman tentang 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan lomba yang akan dilaksanakan Agustus mendatang di Jakarta, juga akan ada kegiatan audensi dengan Pimpinan MPR dan Menteri Pendidikan, serta diadakannya wisata pendidikan (Istana Negara, Dufan, TMII, Monumen Lubang buaya).

Selain itu, peserta lomba juga mengikuti Upacara Bendera 17 Agustus 2015 di Istana Negara, yang merupakan salah satu rangkaian agenda putaran Final LCC 4 Pilar yang digelar MPR RI.

“Seru dan sangat bermanfaat, karena dari kegiatan ini kami dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang teknis lomba. Serta juga dapat memperdalam pengetahuan tentang Pancasila, UUD Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR,” kata salah seorang peserta LLC SMAN1 Gantung, Dhenas.

Sementara itu Kepala SMAN1 Gantung, Sabarudin tak bisa menyembunyikan rasa bangga terhadap apa yang sudah didapat oleh anak didiknya hingga mampu mewakili Provinsi Babel ke tingkat nasional LCC 4 Pilar.

Sabarudin menjelaskan bahwa LCC 4 Pilar MPR RI menjadi wahana penggemblengan pemahaman dan penanaman nilai luhur bangsa pada generai muda. Pengalaman yang luar biasa dan jarang didapati oleh siswa lain.

“Tentunya ini akan membantu pembentukan sumber daya manusia berkualitas yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi pembangunan daerah dan nasional,”ucapnya penuh kebanggaan. (feb)