Si Jago Merah Bakar Kamar Panti Asuhan Putri Aisyiyah

by -
Panti Asuhan terbakar
Panti Asuhan Putri Aisyiyah
Suasana pasca terjadinya kebakaran di salah satu kamar Panti Asuhan Putri Aisyiyah , Tanjungpandan Senin (26/8) kemarin.

Diduga Akibat Konsleting Listrik

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Diduga akibat konsleting listrik, salah satu kamar Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Putri Aisyiyah yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Air Raya, Tanjungpandan, Senin (26/8) kemarin, terbakar.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, untuk kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sebab, banyak barang berharga ludes dilahap si Jago Merah tersebut. Seperti atap kamar dan lemari yang berisikan pakaian.

Pengasuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah, Nazmawati mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB kemarin. Saat itu dia melihat adanya kepulan asap tebal di kamar tersebut.

Ketika dibuka, ternyata api sudah membesar. Akhirnya dia meminta bantuan kepada masyarakat sekitar. Beruntung pula pada saat kejadian, masih waktu jam mengajar. Sehingga siswa-siswi bergegas membantunya.

“Anak-anak pada keluar membantu memadamkan. Namun kendala masalah air. Kami tidak ada air. Sebab, kekeringan akibat musim kemarau,” ujar wanita yang akrab disapa Bunda ini, kepada Belitong Ekspres.

Setelah itu, pihak panti langsung meminta bantuan kepada Tim Damkar Kabupaten Belitung untuk menjinakkan api. Tak selang beberapa lama, dua unit Mobil damkar meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Hingga sore kemarin terlihat, sejumlah anak-anak penguni panti bahu membahu membersihkan tempat yang ditinggalinya. Rencana, mereka akan mengungsi di sekolahan yang ada di sekitar.

Kabid Damkar Kabupaten Belitung Saiman mengatakan, jajarannnya telah memadamkan api yang membakar salah satu kamar di panti asuhan tersebut. Menurut dia beruntung pasukannya datang tepat waktu.

Sehingga api bisa ditaklukan dalam waktu sejam, dan si jago Merah tidak menyebar ke tempat-tempat lainnya. Itu mengingat lokasi Panti Asuhan Putri Aisyiyah berdekatan dengan rumah masyarakat.

“Untuk penyebabnya, diduga masalah listrik. Sebab, pada saat anggota kami melakukan penyemprotan terdapat bau listrik yang menyengat yang berada di dalam kamar tersebut,” ujar Saiman. (kin)