Siap Bertarung di Pilkada Beltim, Aan Daftar Lewat Nasdem

by -
Aan Daftar Melalui Nasdem
Burhanudin mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPD Nasdem Beltim, Jumat (4/10) kemarin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Burhanudin menyatakan siap tampil di Pilkada 2020 mendatang. Jumat (4/10) kemarin, dia mendaftarkan diri melalui Partai Nasdem dalam bursa survey penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim).

Tanpa didampingi, Burhanudin dengan sapaan akrabnya Aan, datang ke kantor DPD Nasdem Beltim menemui panitia pendaftaran. Aan disambut langsung oleh ketua DPD Nasdem Beltim, Oman Anggari, Jumat (4/10) pagi.

“Tadinya mungkin masyarakat masih bertanya-tanya, Insya Allah, hari ini karena partai Nasdem sudah membuka pendaftaran. Jadi saya mendaftarkan diri,” kata Aan kepada Belitong Ekspres, usai mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPD Nasdem Beltim.

Aan yang saat masih menjabat wakil Bupati Beltim, menyatakan siap mengabdikan diri kepada masyarakat. “Dan hari ini merupakan bagian proses politik Pilkada 2020. Saya pribadi sudah menyatakan diri untuk tampil di Pilkada 2020 mendatang,” tukasnya.

Oleh karena itu, Aan berterima kasih kepada Nasdem yang telah menerimanya untuk mendaftar pada bursa survey partai besutan Surya Paloh itu. Walaupun masih menjadi kader Partai Golkar, ia tetap akan melengkapi berkas pendaftaran di Partai Nasdem.

“Saya selaku warga masyarakat ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah, semoga ini bisa masuk dalam bursa survey bagi Nasdem untuk Pilkada 2020,” tandas Aan.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Beltim, Oman Anggari menyambut baik kehadiran Aan. Sebelumnya rencana kedatangan Aan sudah diketahui, yakni dalam rangka untuk mendaftarkan diri pada bursa survey yang dilaksanakan oleh Partai Nasdem.

“Sebagai ketua Nasdem, saya pada dasarnya kalau semakin banyak yang mendaftar itu semakin baik. Nantinya tergantung hasil survey dari pusat, keputusannya ada di DPP berdasarkan hasil survey,” ujar Oman kepada Belitong Ekspres.

Menurut Oman, nanti hasil dari survey itu akan didaftarkan ke KPU oleh DPD Nasdem Beltim, “Kami mendaftarkan nama yang berdasarkan rekomendasi dari DPP,” ujar Oman.

Dipertegas Oman, bahwa Partai Nasdem tidak menerima mahar terkait pendaftaran. Jika diketahui terdapat oknum yang menarik mahar, kata Oman akan dipecat. “Nasdem Pertama sekali partai yang ada di Belitung Timur membuka pendaftaran. Dari tanggal 23 September 2019 sampai tanggal 23 Oktober 2019 sudah dibuka pendaftaran,” tukasnya.

“Jadi kepada seluruh masyarakat yang berniat ingin maju menjadi Bupati atau Wakil Bupati kabupaten Belitung Timur, silahkan mendaftar ke sekretariat DPD Nasdem Beltim,” imbuhnya.

Oman menerangkan, pendaftaran tersebut terbuka untuk umum dan Tanpa terkecuali. Baik itu dari partai Nasdem, maupun luar Nasdem. Karena, kata Oman, yang akan menentukan adalah lembaga survey kredibel yang telah ditentukan oleh DPP.

“Di balik itu, boleh juga disurvey oleh pribadi, tapi sudah ditentukan lembaga surveynya dari pusat. Artinya, si calon itu men-survey dirinya, kemudian hasil survey itu diserahkan kepada DPP, bersama dengan surat pengembalian pendaftaran untuk lampiran,” jelasnya.

Untuk diketahui, sejak tanggal 23 September 2019, partai Nasdem telah membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah pada Pilkada 2020 mendatang. Pendaftaran yang dibuka selama satu bulan penuh tersebut, dengan berkas formulir yang telah disediakan oleh DPD Nasdem Beltim, dapat diambil secara gratis.

Batas akhir pengembalian formulir yaitu tanggal 23 Oktober 2019. Selanjutnya akan dilakukan survey elektabilitas calon, yang akan dilakukan oleh lembaga survey, yang telah ditentukan oleh DPP Nasdem.

Selanjutnya hasil survey akan menentukan siapa nama calon yang akan diusung oleh Nasdem dalam perhelatan politik Pilkada 2020 mendatang. Nasdem menekankan, siapapun yang mendaftarkan diri, tidak dipungut mahar. Jika diketahui ada yang berani memungut mahar secara diam-diam, dengan ancaman akan. Dipecat dari Partai Nasdem. (dny)