Siap Distribusikan Beras Rastra Belitong

by -

TANJUNGPANDAN – Kepala Perum Bulog Subdivre Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Sutarto menyatakan secara umum selalu siap mendistribusikan Beras Rastra di Pulau Belitong. Kesiapan tersebut dapat dinilai dari persediaan stok yang dimiliki Kantor Seksi Bulog (Kansilog) Belitung saat ini. Maka dari itu ia berpesan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kekurangan beras di Belitung.

“Bisa kita lihat stok yang kita miliki di Belitung ini cukup hingga delapan bulan ke depan. Dan ini penting, karena  minimum stok  requirmen/ketahanan stok minimal adalah tiga bulan. Tetapi untuk di sini (Belitung) kita khususkan selama delapan bulan, ” katanya kepada Belitong Ekspres, Rabu (23/3) kemarin.

Dijelaskan Agus, alasan pihaknya menyediakan stok dalam jumlah besar di Belitung. Salah satunya untuk menekan terjadinya keterlambatan pasokan. Sebab beras di Babel notabenenya berasal  dari luar daerah yang diangkut melalui jalur laut.

“Sedangkan kondisi di Babel ini pada umumnya ekstrim, dimana gelombang lautnya tinggi-rendah, tinggi-rendah. Maka dari itu kita tidak bisa berspekulasi. Artinya ketersediaan pangan disini (Belitung) harus betul-betul tersedia jauh jauh hari. Oleh karena itu ketika cuaca sedang baik kita langsung datangkan beras dari daerah lain,” terangnya.

Dilanjutkan Agus, dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan stok di Belitung. Apalagi persediaan stok di Belitung sudah lebih dari cukup. Dan itu bisa dipastikan hingga delapan bulan ke depan.

“Alhamdulillah sejauh ini komunikasi bersama pemerintah daerah di dua kabupaten di Pulau Belitung ini berjalan dengan baik. Bagaimanapun kita ini semuanya bagian dari tim Rastra di Babel. Jadi untuk komunikasi tidak ada masalah,” ujarnya.

Namun demikian, kata Agus, meski pendistribusian tahun 2017 sudah dilaunching.  Untuk sementara waktu administrasi sedang di proses bersama pemerintah daerah dan setelah itu rastra bisa disalurkan seluruhnya

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat setelah dokumen rastra selesai maka pemerintah daerah segera menerbitkan Surat Permintaan Alokasi (SPA) Sehingga beras rastra ini sudah bisa salurkan semuanya,” ucapnya.

Senada disampaikan, Kepala Kansilog Belitung Indra Jaya berharap semoga dalam waktu dekat SPA sudah bisa diterbitkan. Sehingga beras rastra tersebut sudah bisa disalurkan semuanya.

“Mudah-mudahan di Bulan Maret ini, SPA sudah selesai. Sehingga, kita (Kansilog Belitung ) bisa menyalurkan beras rastra ini dengan segera,” pungkasnya.(i1s)