Siap Menjamin Keamanan Pilkada Mendatang

by -

MANGGAR – Kepolisian Resort Belitung Timur (Polres Beltim) siap menjamin keamanan dan kenyamanan bagi bakal calon (Balon) bupati dan wakil Bupati, menjelang hingga pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang. Kesiapan itu diungkapkan dalam Pelatihan Pra Operasi Mantap Praja 2015, di ruang Graha Patriatama Mapolres Beltim, Senin (10/8) kemarin.

Kegiatan pelatihan yang dibuka oleh Wakapolres Kompol, Dadang Kurniawan dan diikuti jajaran perwira beserta puluhan anggota satuan unit kerja Polres Beltim, akan berlangsung hingga Rabu (13/8) besok.

Kapolres Beltim AKBP Nugrah Trihadi S.ik, melalui Wakapolres Beltim, mengatakan, pelatihan bertujuan untuk membekali setiap personil dengan sejumlah pengetahuan dan peraturan Pilkada. Sehingga diharapkan dapat sangat efektif dalam mengantisipasi terjadinya tindakan kecurangan dan gangguan keamanan di setiap tahapan Pilkada serentak mendatang.

“Melalui pengalaman pengamanan di Pemilu sebelumnya ditambah dengan koordinasi yang efektif antar personil, kami berharap proses Pilkada di wilayah hukum Polres Beltim akan berlangsung dengan lancar dan aman,” ucapnya.

Senada halnya diungkapkan Kabag Ops Polres Beltim, Kompol Yusuf Rusman. Ia  mengatakan bahwa pelatihan ini juga dalam rangka mempersiapkan personil Polres Beltim dalam menghadapi pilkada di Kabupaten Beltim.

“Kegiatan ini didasari oleh undang undang nomor 2 tahun 2012 tentang Polri, yang sesuai surat perintah Kapolres Beltim, serta nota dinas Kabag Ops tentang pemberian materi dalam lat pra ops. Kegiatan ini berlangsung 3 hari k edepan, dan materi akan di isi oleh semua satuan di jajaran Polres Beltim,” ujar Kabag Ops, Kompol Yusuf Rusman, di sela kegiatan, Senin (10/8) kemarin.

Sebelum kegiatan dilakukan, Wakapolres menyematkan kartu peserta kepada perwakilan lat pra ops mantap praja 2015. sekaligus membuka kegiatan tersebut. (feb)