Siap Selenggarakan Pilkada

by -

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mulai melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal ini juga dimaksudkan untuk memastikan kesiapan KPUD sebagai penyelenggara Pemilu.

“Sosialisasi merupakan tindak lanjut dari edaran KPU nomor 42 tahun 2015, tentang persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Intinya menyampaikan kesiapan KPU Kabupaten,” ungkap ketua KPUD Beltim, Pirmawan seusai sosialisasi di ruang rapat Satu hati bangun negeri, Rabu (11/2) siang kemarin.

Pirmawan menjelaskan, sejauh ini pihaknya masih menunggu revisi terbatas terhadap Undang-Undang nomor 1 tahun 2015. Salah satunya membahas jadwal Pemilukada serentak.

“Ada wacana revisi terbatas UU pilkada. Komisi II DPR RI menginginkan Februari 2016 Pilkada serentak, sementara usulan pemerintah melalui Kemendagri, September 2015. Kita masih menunggu revisi, mudah-mudahan 18 Februari sudah selesai dilakukan,” jelas Pirmawan.

Hanya saja, KPUD tidak mempermasalahkan maju atau mundurnya jadwal pilkada serentak. “Kan tinggal menyesuaikan tahapan. Mungkin saja ada tahapan yang dipotong, misalnya uji publik selama enam bulan bisa diperpendek. Atau bisa oleh parpol atau KPUD,” katanya.

Masih menurut Pirmawan, revisi terbatas tidak mengganggu persiapan KPUD Beltim menghadapi Pilkada. Mengacu pada PKPU yang ada, KPUD Beltim telah mempersiapkan jadwal tahapan.

“Juknis sudah dirancang untuk pencalonan, daftar pemilih sudah siap juga. Kita juga sudah buat jadwal tahapan berdasarkan PKPU,” ujarnya.

Saat ditanya masalah anggaran untuk persiapan Pilkada Beltim, Pirmawan mengatakan anggaran tidak masalah dan sudah dianggarkan oleh Pemerintah daerah. Sekitar Rp. 9,2 milyar untuk persiapan dan pelaksanaan 2 putaran, tandasnya.

Sosialisasi kemarin turut dihadiri oleh 5 anggota komisioner KPUD Beltim, Sekda Beltim, Talafudin, Anggota DPRD Beltim, perwakilan Parpol, SKDP terkait dan undangan lainnya. (feb)