Siapkan 65 Event, 2021 Belitung Target 250 Ribu Kunjungan Wisatawan

by -
Siapkan 65 Event, 2021 Belitung Target 250 Ribu Kunjungan Wisatawan
Wisatawan saat berwisata di Pulau Lengkuas (Foto Dok/BE)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung menargetkan sebanyak 250 ribu wisatawan berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi di tahun 2021 ini. Untuk mencapai target kunjungan tersebut, sejumlah strategi telah disiapkan.

Diantaranya seperti memperbaiki kualitas pelayanan dan Sumber daya manusia (SDM). Serta meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Belitung, dengan cara melakukan promosi ke daerah lain.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Rohili mengatakan, ada peningkatan target dari tahun 2020 ke 2021. Bahkan targetnya naik hingga 50 persen.

Pada tahun 2020 Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mentargetkan 450 ribu wisatawan berkunjung ke Pulau Belitung. Namun, lantaran awal tahun Indonesia mengalami Pandemi Covid-19, akhirnya pemerintah menurunkan target menjadi 108 ribu.

Rohili pun bersyukur, pada Desember 2020 target tersebut terpenuhi. Sebab, pada bulan November 2020 lalu sejumlah event besar telah diselenggarakan. Seperti festival Tanjung Kelayang. “Di tahun 2021, kami menargetkan sebanyak 250 ribu wisatawan datang ke Belitung untuk berwisata,” kata Rohili kepada Belitong Ekspres, Rabu (20/1).

Dia mengaku optimis akan mencapai target tersebut. Pasalnya, di tahun 2021 ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung akan menggelar sebanyak 65 event. Khususnya event nasional maupun internasional.

“Dalam waktu dekat kita akan rilis kalender event tersebut. Kami berharap dengan adanya event ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Belitung,” sebut Rohili.

Selain itu, kabarnya di tahun 2021 penerbangan Internasional dari Tanjungpandan ke Malaysia akan kembali dibuka, setelah tahun lalu ditutup lantaran Covid-19. “Sekarang kan Air Asia sudah membuka penerbangan kembali. Jika kondisi Covid-19 sudah mereda, maka penerbangan akan dibuka kembali,” pungkasnya. (kin)