Siapkan Tenaga Kerja Terampil

by -

MANGGAR – Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) berupaya menyiapkan tenaga kerja yang mempunyai keterampilan. Salah satunya bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Beberapa waktu lalu, kita kirim anak tamatan SMA sederajat ke BLKI Provinsi sebanyak 16 orang untuk pelatihan otomotif mobil. Alhamdulillah semua dikembalikan dan sudah magang,” ungkap Kepala Bidang Pelatihan Penempatan Tenaga Kerja DAN Transmigrasi (P2TKT), Harsilaini, kepada wartawan akhir pekan lalu.

Bahkan, menurutnya prestasi membangggakan juga ditorehkan peserta pelatihan asal Beltim dengan mengikuti lomba kelas otomotif. Di tingkat Provinsi, peserta pelatihan asal Beltim mendapat juara 1 dan 3.

“Saat dilatih di BLKI, mereka berkesempatan mengikuti Asian Skill lomba kelas otomotif mobil dan dua (peserta) diantaranya mendapat juara,” jelas Harsilaini.

“Atas keberhasilan tersebut, juara 1 dipersiapkan untuk mengikuti lomba serupa tingkat Nasional. Satu orang masih magang di toyota untuk persiapan lomba asian skill tingkat nasional. Satu orang magang di Jakarta,” sambung Harsilaini.

Selain mengirimkan peserta pelatihan ke BLKI, Dinsosnakertrans juga mendatangkan MTU (Mobile Training Unit) yang merupakan program BLKI. Melalui MTU, jumlah tenaga kerja siap pakai yang dilatih semakin bertambah.

“Kami akan terus mencoba melakukan pelatihan untuk sektor informal, agar mereka membuka lapangan pekerjaan sendiri,” tutup Harsilaini. (feb)