SIDANG PERDANA Terdakwa Kasus Narkoba Teteskan Air Mata

by -

TANJUNGPANDAN-Bambang terdakwa kasus penyalagunaan narkoba di Belitung, meneteskan air mata saat sidang perdana. Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Rabu (16/9) kemarin.

Sidang ini dipimpin Hakim Ketua Sarudi SH, dan didampinggi Hakim Anggota Mahendra Adhi Purwanta SH serta Saeful Imam. Agenda sidang membacakan dakwaan dari Kejaksaan Negeri Tanjungpandan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rudi Dwi Setyono SH.

JPU Tanjungpandan mengatakan, pelaku di dakwa dengan Pasal 112 Subsider 127 tentang narkotika. Sebab, pelaku dinilai telah bersalah lantaran menyalagunakan narkoba. Dan atas peristiwa ini, membuat masyarakat resah.

Dijelaskan Rudi soal kronologis penangkapan. Peristiwa ini terjadi pada bulan April 2015. Saat itu, anggota Polres Belitung membuntuti tersangka dari kediamannya di Jalan Air Merbau menuju Pelabuhan Nusantara.

Sesampainya di pelabuhan, terdakwa mengambil barang kiriman dari seseorang yang diketahui bernama Akin yang saat ini masih buron. Terdakwa akan mengambil barang di salah satu kapal yang pada saat itu di parkir lokasi Pelabuhan Nusantara.

Usai mendapatakan barang tersebut, terdakwa langsung menuju kediamanannya di Jalan Air Merbau. Setiba dikediamannya, anggota polisi ini langsung menyergap pelaku dan menanyakan isi dalam kerdus tersebut.

“Saat kerdus dibuka, berisikan jagung. Namun, di antara selipan jagung ini terdapat narkoba jenis sabu kurang lebih sebanyak 15 gie dengan berat kurang lebih 4,5 gram,” ujar Rudi di hadapan majelis hakim.

Saat diperiksa terdakwa tidak mengakui perbuatannya. Menurutnya, dia disuruh mengambil barang haram tersebut dari Akin. “Namun, saat dilakukan tes urine Badan Narkotika Nasional Kabupaten Belitung, Bambang terbukti positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu,” katanya.

Sidang dilanjutkan, Rabu (23/9) mendatang dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. Seperti yang diberitakan Belitong Ekspres, Kamis (30/4) lalu, Sat Res Narkoba Polres Belitung, berhasil meringkus pengedar narkoba di Belitung. Pria yang diketahui Bernama Bambang (39) ini diamankan di kediamannya Jalan Air Merbau, Rabu (29/4) lalu.

Pelaku diamankan Polres Belitung beserta barang bukti, satu kerdus berisikan jagung, dan juga narkoba jenis sabu sebanyak 15 gie dengan berat sekitar 4,5 gram.(kin)