Sidang Sengketa Pemilu Babel Dibuka

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Sekian lama berlarut, proses hukum terkait dugaan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di Bangka Belitung (Babel) diangkat melalui sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Babel, Rabu (28/1) kemarin.
Persidangan yang diketuai Saut Hamonangan Sirait yang merupakan anggota DKPP itu guna menenggarai perselisihan antara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra Babel dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangka.
Meski belum ada keputusan, selama persidangan yang beralngsung selama satu setengah jam itu berlangsung alot saat mendengarkan penjelasan kedua belah pihak yang berselisih. Berbagai asumsi diperdengarkan dalam sidang yang dihadiri juga oleh KPU dan Bawaslu Babel.
Saut Hamonangan Sirait menjelaskan, bahwa sidang dilaksanakan karena telah terjadi dugaan pengalihan suara. “Sudah kita dengar penjelasan dua belah pihak itu. Yang jelas kita laksanakan karena ini pengaduan etik bukan pidana, jadi tidak ada tempus/waktu untuk menyidangkan perkara tersebut,” ujarnya.
Sementara dari pihak pelapor, Ketua DPD Gerindra Babel mengaku, indikasi pelanggaran yang dilakukan pihak penyelenggara pemilu jelas terjadi. “Jadi kami di sini bukan lagi masalah menang atau kalah. Di sini kami adukan karena ada pelanggaran kode etik yang dilakukan,” terangnya.
Sedangakan terlapor, Ketua KPU Bangka Zulkarnaen menjelaskan, segala bantahan atas tuduhan saat sidang sudah dibuktikan berdasarkan data-data yang disiapkan oleh pihaknya.”Yang jelas kami penyelenggara pemilu sudah melakukan segala sesuai aturan. Persoalan sudah teratasi di tingkat paling bawah yakni PPS hingga ke KPU,” tukasnya. (iam)

Baca Juga:  Ibrahim : Publik Menunggu Debat Berikutnya

Rate this article!
Tags:
author

Author: