Sikapi Edaran Kondisi Covid, Kemenag Beltim Tetap Bersiap

by -
Sikapi Edaran Kondisi Covid, Kemenag Beltim Tetap Bersiap
Kakan Kemenag Beltim, Novarianto.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Terbitnya Edaran Menteri Agama nomor 13 tahun 2021 tentang pembatasan pelaksanaan kegiatan keagamaan di rumah ibadah memang fokus pada daerah yang masuk kategori merah dan orange. Meski demikian, Kemenag Beltim tetap melakukan upaya persiapan berupa koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten.

“Terkait dengan pembatasan kegiatan keagamaan di kondisi Covid memang lebih ditekankan pada daerah yang wilayahnya berada di zona merah atau orange. Untuk Beltim kita menyesuaikan kalau memang sudah ditetapkan Satgas (sebagai) zona merah maka untuk kegiatan keagamaan dibatasi,” ujar Kakan Kemenag Beltim, Novarianto, Kamis (17/6).

Meski demikian, Novarianto menegaskan setiap rumah ibadah tetap melaksanakan protokol kesehatan walaupun pembatasan hanya berlaku pada zona merah dan orange.

“Tetap menggunakan protokol kesehatan tapi kalau sudah banyak artinya presentasinya sudah melebihi kententuan maka kita akan mengeluarkan surat juga kepada pengurus masjid agar tidak melaksanakan kegiatan keagamaan, terutama untuk kegiatan yang mengumpulkan massa banyak,” tegasnya.

Nova mengatakan, protokol kesehatan dimaksud adalah menjaga jarak dan memakai masker bagi jamaah sholat berjamaah. Penerapan protokol kesehatan yang ketat diharapkan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami memang belum koordinasi dengan zona di Beltim karena edaran ini akan kami teruskan ke pengurus masjid melalui KUA agar menjadi perhatian masyarakat. Apalagi persentasi vaksin di daerah kita belum tinggi, jadi masih banyak yang belum divaksin dan sangat rentan untuk tertular covid,” ungkapnya.

Ia menambahkan, momen keagamaan yang cukup besar dalam waktu dekat adalah ibadah sholat Idul Adha. Karenanya, pihak Kemenag akan melakukan monitoring guna memastikan pelaksanaan berjalan baik.

“Kami akan memantau pelaksanaan sholat Idul Adha, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Nantu akan kami keluarkan surat terkait tata laksananya,” tutup Kakan Kemenag Beltim, yang karib disapa Nova. (msi)