SIM C Sesuai Kapasitas Diberlakukan

by -

*Polres Beltim Mulai Berlakukan 1 Mei 2016

MANGGAR – Pemberlakuan SIM C, C1 dan C2, akan diberlakukan mulai 1 Mei 2016. Korlantas Mabes Polri sudah mengklasifikasi surat izin mengemudi (SIM) C berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor. Nantinya, SIM C akan terdiri dari tiga jenis, yakni C, C1, dan C2. Rencana tersebut akan direalisasikan pada triwulan pertama 2016.

Tiga golongan SIM C tersebut adalah, SIM C untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250cc, SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas 250-500cc dan SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500cc keatas. Penggantian SIM C dengan golongan baru akan dimulai serentak Februari – April 2016.

Meski demikian, penerapan di tingkat Polda dan Polres diperkirakan masih belum sepenuhnya dapat terlaksana. Mengingat, sejauh ini belum ada instruksi lanjut Peraturan Kapolri nomor 09 tahun 2012 pasal 28 tentang masa berlaku SIM.

Kapolres Beltim, AKBP. Nugrah Trihadi, S.Ik melalui Kasatlantas, AKP.Khoirudin menyatakan siap melaksanakan jika pemberlakuan SIM C, C1 dan C2 telah diterima di Polres Beltim. Namun menurutnya, pemberlakuan pasti diikuti dengan perubahan aplikasi online.

“Sementara ini, aplikasinya hanya memuat jenis SIM sesuai Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan,” ungkap AKP. Khoirudin saat ditemui harian ini, di ruang kerjanya, Selasa (12/1) kemarin.

Kasatlantas menambahkan, penerapan kepemilikan SIM C sesuai kapasitas mesin sepeda motor adalah terobosan yang sangat baik dari Kepala Korlantas Polri.

“Sejauh ini belum ada instruksi yang diterima dari Polda ke Polres Beltim (pemberlakuan SIM C, C1 dan C2),” sebutnya.

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber Kakorlantas Polri telah mengeluarkan surat telegram yang isinya yaitu pemberlakuan mulai 1 Januari 2016. Untuk perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku.

SIM yang habis masa berlakunya, dapat diperpanjang tidak melebihi batas waktu 3 bulan, terhitung sejak tanggal habis masa berlakunya. (feb)