Simak Pesan Mendagri Ini

by -

Satpol PP

PALU – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke-66 di Kantor Pemprov Sulteng, Palu, Kamis (3/3).

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo menjabarkan sejumlah hal yang harus dilakukan Satpol PP dan Linmas saat bertugas.

“Tugas Satpol PP, termaksud Linmas adalah melayani masyarakat,” kata Tjahjo membuka pidato sambutannya, di hadapan ratusan perwakilan Satpol PP dari seluruh Indonesia yang hadir di acara itu.

Sebagai penegak peraturan daerah, pesan Tjahjo, para petugas Satpol PP juga harus menjaga ketertiban masyarakat. Selain itu, harus juga menjadi pengayom masyarakat.

Indonesia, kata Tjahjo adalah negara yang besar. Sebelum menjalankan tugasnya, para Satpol PP harus lebih dulu memahami kondisi kultur di daerah. Dengan begitu, dapat memberikan rasa nyaman dan tenteram kepada masyarakat.

Mendagri menyarankan agar mereka bisa bertugas dengan murah senyum saat memberikan pemahaman ke warga soal peraturan dan undang-undang agar tidak menimbulkan stigma buruk publik.

“Namun Satpol PP harus berani tentukan sikap, siapa lawan dan siapa kawan,” ujar dia.

Alasan penyelenggaraan HUT Satpol PP di Palu, ujar dia, karena adanya potensi radikalisme dan terorisme. Satpol PP diminta ikutserta mendukung perjuangan TNI/Polri dalam membasmi gerakan tersebut. Caranya, dengan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Tjahjo menekankan agar Satpol PP bisa berkordinasi dengan kepolisian dan TNI dalam upaya menyelesaikan suatu masalah. Sebab akan sulit bila harus dikerjakan sendiri. Itu sudah menjadi peranan forum kordinasi pimpinan daerah (Forkompinda) di masing-masing wilayah.

“Bukan hanya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Tapi hingga ke kecamatan. Libatkan polsek, koramil, para tokoh adat, agama dan masyarakat setempat,” kata dia. (Puspen Kemendagri)