Sistem Aplikasi Bermasalah

by -

Perekaman e-KTP Basel Terhambat

TOBOALI- Kepala Dukcapil Basel, Suwandi mengatakan alat untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Basel saat ini bermasalah. Akibatnya, proses perekaman e-KTP terganggu. “Memang ada kami baru mendapat informasi terkait perekaman dan pencetakan KTP eletronik yang bermasalah saat ini,” kata Suwandi kepada Radar Bangka, Kamis (3/9).
Lebih lanjut, Suwandi mengatakan, berdasarkan info dari pengelola data center sejak hari Senin tanggal 24 Agustus 2015 hingga saat ini ada masalah pada sistem dan aplikasi didata center sehingga akses pengiriman data rekaman dan pencetakan KTP elektronik tidak bisa dilakukan. “Sudah ada edaran dari terkait masalah server tersebut. Kami terus berkoordinasi dengan tim pengelola data center kapan bisa secepatnya teratasi masalahnya. Dan saat ini proses perbaikan didata center terus dilakukan. Untuk itu mohon maad yang sebesar-besarnya atas gangguan ini. Mungkin dalam waktu dekat sudah bisa digunakan kembali,” jelas Suwandi.
Pada kesempatan itu, mantan Kepala Pariwisata Basel ini mengungkapkan masyarakat yang membuat akta kelahiran di instansinya meningkat tajam. Terlebih lagi selama Mei hingga Juni. Hal ini karena bertepatan dengan persiapan memasuki tahun ajaran baru. “Jumlah pembuatan akta kelahiran pada Mei dan Juni meningkat tajam karena akan digunakan untuk keperluan mendaftarkan anak masuk sekola yang diperlukan untuk persyaratan anak masuk sekolah. Sampai –sampai kita saat itu kehabisan blanko. Kalau saat ini juga masih ada saja yang membuat akta kelahiran,” tukasnya.
Ditempat terpisah, Suf warga Kecamatan Toboali mengatakan, dirinya sudah pernah melakukan perekaman KTP pada Agustus 2014 lalu. Namun ketika dirinya mengecek di Dukcapil Basel belum lama ini tidak ada hasil rekaman data tersebut. “Ia ada waktu itu. Informasi dari petugas ada masalah server. Padahal, kartu identitas diri tersebut mendadak diperlukan untuk mengurus sesuatu,”kata Suf. (bim)