SMAN 1 Gantung Wakili Babel

by -

*Dalam LCC Tingkat Nasional 2015

foto kirian- juara lcc 1)

Ketua DPRD Provinsi kepulauan BaBel, Didit Sriagusjaya, saat memberikan hadiah kepada juara LCC tingkat Provinsi BaBel, SMAN 1 Gantung Beltim, yang sekaligus mewakili BaBel ke tingkat nasional.

GANTUNG – SMAN1 Gantung Belitung Timur (Beltim), kembali mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke tingkat Nasional, dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 (empat) Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. SMAN 1 Gantung mewakili Babel setelah memenangi LCC yang digelar di Balai Diklat Provinsi Kepulauan Babel Senin hingga Rabu (23-25/2) pekan lalu.

Lomba yang digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel ini, diikuti 18 SMA/SMK terbaik perwakilan setiap kabupaten/kota dan dibuka Gubernur Babel, Rustam Effendi. Acara lomba cerdas cermat ini merupakan salah satu metodepelaksanaan sosialisasi yang dilakukan oleh MPR pada tahun 2015.

Kepala Sekolah SMAN1 Gantung, Sabarudin kepada Belitong Ekspres mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu tugas MPR sebagaimana terdapat dalam ketentuan UU nomor 17 tahun 2014. Khususnya, pasal 5 huruf a dan b, yang menyebutkan bahwa MPR memiliki tugas untuk memasyarakatkan ketetapan MPR, Pancasila,UUD Negara RI tahun 1945, Negara kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Alhamdulillah kita juara dan berhak mewakili BaBel ke tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta, dalam waktu dekat ini. Materi lomba dalam LCC 4 pilar meliputi soal Tematik, soal benar salah dan soal rebutan yang masing-masing mempunyai bobot soal yang berbeda satu dengan lainnya dengan perincian soal Tematik (40%), soal benar salah (25%) dan soal rebutan (35%),” ungkap Sabarudin bangga kepada Belitong Ekspres, Minggu (1/3) kemarin.

Sabarurudin menjelaskan, SMAN 1 Gantung menjadi juara dalam kegiatan (LCC) 4 (empat) pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tingkat Provinsi BaBel, setelah di babak final berhasil menyisikan SMAN 1 Pemali dan SMAN 1 Namang, dengan skor nilai 125.

“Semoga Keberhasilan Tim (LCC) 4 (empat) pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dari SMAN 1 Gantung ini bisa membawa harum nama Provinsi kepulauan BaBel ditingkat nasional, ” tutup Sabarudin yang didampingi siswanya Dwi Alpiandi dan Beni Julia Eka Putra sembari sumringah menjuari LCC ini.

Kegiatan ini ditutup oleh Ketua DPRD Provinsi kepulauan BaBel, Didit Sriagusjaya sekaligus menyerahkan hadiah kepada sang pemenang. Pihknya berharap dari kegiatan ini tentunya akan membuka ruang pemahaman peserta terhadap 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, nilai-nilai luhur bangsa yang kemudian terimplementasi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat dan sekolah.
“Semoga Keberhasilan Tim (LCC) dari SMAN 1 Gantung Beltim ini bisa membawa harum nama Provinsi kepulauan BaBel ditingkat nasional,” ujar Didit singkat. (feb)