SMKN 4 PKP Ukir Prestasi Tingkat Nasional

by -

PANGKALPINANG –   SMKN 4 Pangkalpinang (PKP) berhasil menoreh prestasi di tingkat nasional. Yakni menjadi juara 3 kontingen terbaik dalam ajang Perkemahan Rohis Ke-II Tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur yang diselengarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Republik Indonesia  dari tanggal 2 – 6 Mei 2016.
Kepala Sekolah SMKN 4 Pangkalpinang, Hasrul Sani mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah berhasil di capai para anak didiknya tersebut. Dimana sebelumnya Provinsi Bangka Belitung mengirimkan utusannya sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 perwakilan SMKN 4 Pangkalpinang dan 8 dari SMAN 4 Pangkalpinang.
“Alhamdulilah kita bersyukur sekali tentunya karena kontingen kita telah berhasil menorah prestasi yang cukup baik ditingkat nasional dan sekaligus ikut mengharumkan nama sekolah, Kota Pangkalpinang dan Provinsi Bangka Belitung.
Prestasi ini sangat membanggakan bagi kami, karena bagaimana pun mereka telah berhasil menjadi yang terbaik meskipun peserta kegiatan ini  tidak kurang dari 1800 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya kepada Babel Pos saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/05) sekaligus didampingi salah satu pembina rohis SMKN 4 Pangkalpinang, Heni, ketua komite sekolah beserta perwakilan siswa peserta kegiatan Perkemahan Rohis ke-II Tahun 2016 di Cibubur Jakarta Timur.
Menurut Hasrul, prestasi yang telah di capai ini juga merupakan bagian perwujudan dan implementasi dari hasil program-program rohis yang selama ini telah dilaksanakan khususnya di lingkungan SMKN 4 Pangkalpinang. Dan tentunya juga ke depan pengembangan program rohis di sekolah tetap akan terus digalakkan dan ditingkatkan semakin lebih baik karena bagaimanapun program ini sangat memberikan banyak manfaat.
“Program pembinaan rohis di sekolah sangat kita tekankan untuk semakin menambah pengetahuan para siswa terutama dalam bidang keagamaan, karena hal ini juga akan berimbas kepada karakter/ budi pekerti peserta didik.
Karena rohis sejatinya bukan hanya untuk meningkatkan pemahaman terhadap rutinitas yang harus di jalankan dalam agama, tetapi rohis pun berfungsi sebagai pengawasan sekaligus pembinaan kepada peserta didik generasi muda harapan bangsa. Dan inilah salah satu nawacita revolusi mental yang dicanangkan oleh presiden Jokowi,” tambah Hasrul.
Heni selaku salah satu guru Pembina rohis di SMKN 4 Pangkalpinang yang sekaligus ikut menjadi pendamping pada saat kegiatan berlangsung menambahkan bahwa kegiatan Perkemahan Rohis Ke-II Tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur yang diselengarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Republik Indonesia dari tanggal 2 – 6 Mei 2016 ini memang sangat menarik dan layak untuk di ikuti karena memang lebih banyak mengarahkan peserta menuju perubahan sikap, mental maupun kedisiplinan yang lebih baik.
“Termasuk peserta kita selama dalam mengikuti kegiatan ini juga ikut mendapatkan pembinaan mulai pukul 02.00 wib. Mereka harus melakukan rutinitas seperti sholat tahajud, zikir, sholat subuh, kultum, olahraga, apel, sholat dhuha hingga wajib mengikuti materi-materi yang berhubungan dengan kegiatan kerohisan. Sebab hal ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia.
Semua aktivitas ini sekali lagi harus di ikuti hingga usai pada pukul 23.00 – 23.30,”terang Heni sembari menambahkan bahwa pada kesempatan ini kontingen SMKN 4 Pangkalpinang juga berkesempatan mengikuti kegiatan pagelaran seni yakni salah satunya adalah dengan menampilkan perform tari campak. (lya)