Soal Syarat Dukungan, KPU Ingatkan Calon Independen

by -
Soal Syarat Dukungan, KPU Ingatkan Calon Independen
Ketua KPUD Beltim, Rizal, ST.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Beltim mensyaratkan dukungan sebanyak 8.673 pemilih bagi calon independen (perseorangan) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Pengumuman syarat dukungan sudah disebarkan KPU melalui laman website resmi maupun media sosial milik KPUD Kabupaten Beltim.

“Untuk dukungan itu minimal 10 persen dari jumlah pemilih dalam DPT. Nah, DPT Beltim itu sebanyak 86.722 sehingga 10 persennya adalah 8.673 pemilih,” ungkap Ketua KPUD Kabupaten Beltim, Rizal, saat dikonfirmasi belitongekspres.co.id, Rabu (4/12) kemarin.

Di dalam pengumuman tentang penyerahan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur tahun 2020 juga menyatakan syarat minimal dukungan 10 persen, juga termasuk wilayah persebaran dukungan di empat Kecamatan dari tujuh Kecamatan di Kabupaten Beltim.

Bagi pasangan calon perseorangan yang sudah mendapat dukungan minimal, disilahkan menyerahkan dokumen syarat dukungan di Kantor KPUD Beltim kompleks Perkantoran Manggarawan Terpadu. Adapun dokumen yang diserahkan terdiri dari satu rangkap surat asli pernyataan dukungan masing-masing pendukung yang ditempel dengan fotokopi KTP elektronik atau dilampiri surat keterangan.

Selain itu, satu rangkap asli hasil cetak B.1.1-KWK perseorangan yang dicetak dari sistem informasi pencalonan yang ditandatangani oleh bakal pasangan calon beserta salinannya; satu rangkap asli hasil cetak B.2-KWK perseorangan yang dicetak dari sistem informasi pencalonan; serta formulir model B.1-KWK perseorangan dan formulir model B.1.1-KWK perseorangan wajib dikelompokkan berdasarkan wilayah kelurahan/desa.

“Nantinya dukungan yang kami terima akan diverifikasi guna memastikan sebaran dukungan pasangan calon perseorangan,” kata Rizal.

Penyerahan dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan dijadwalkan pada tanggal 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020.

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham