Solusi Tepat di 2019, Ganti Pendirian PT, CV, PMA, dan SIUJK Menjadi PAKET di Tamasolusi

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kabar Gembira buat pelaku usaha yang ingin mendirikan PT. Pesan Nama, Akta Pendirian PT, SK Pengesahan Menkumham. Hanya 3 (tiga) hari saja (terhitung sejak tanda tangan akta). Untuk pembuatan PT secara lengkap, proses cepat, solusinya di PT. Tamasolusi | tamasolusi.com.

Tahun 2019 ini, Lama proses pendirian atau pembuatan perusahaan (PT) terhitung sejak syarat lengkap, draft akta pendirian PT ditandatangani, dan jadwal pembayaran dari klien tepat waktu.

Sementara itu ada peraturan baru, Sesuai Perpu No. 29/2016, Bukti modal setor dari bank harus dilampirkan ke Notaris, terhitung 60 hari sejak tanda tangan akta.

 

Tamasolusi Melayani Pendirian PT, CV, Secara Online di seluruh Indonesia

Pendirian PT memiliki persyaratan dan langkah khusus yang sudah ditetapkan dalam Undang-undang. Saat ini, pemerintah memberikan banyak kemudahan dalam mengurus pendirian PT. Salah satunya dengan izin satu pintu (PTSP).

Pemda DKI dan Pemerintah Pusat banyak merubah jalur birokrasi perizinan di DKI Jakarta. Terbukti, saat ini pendirian PT, PMA, dan CV menjadi sangat mudah. Berikut Langkah Tercepat:

– Langkah Pertama, siapkan alamat Kantor untuk PT, PMA, dan CV.
– Langkah Kedua, siapkan copy ktp para pendiri.
– Langkah Ketiga, siapkan copy NPWP para pendiri.
– Langkah Keempat, mengisi formulir dari tamasolusi

Setelah poin-poin di atas lengkap, Tamasolusi akan memprosesnya hanya dengan 17 hari kerja dengan biaya jasa yang sangat murah, yaitu Rp 8 juta. Dan dokumen perusahaan anda sudah komplit.

Adapun kelebihan mendirikan PT yang harus anda ketahui adalah pemisahan penghasilan bisa diilakukan antara pemilik PT dengan pemberi saham.

Siup sudah diganti dengan Izin usaha. TDP diganti dengan NIB (Nomor Induk Berusaha). Apa itu NIB? Pengertian sederhananya adalah “semua izin usaha digabung menjadi satu” Kemudian izinnya apa saja? : SIUP, TDP, API, NIK, dan lain-lain.

Keuntungan Membuat Menggunakan Jasa PT. Tamasolusi

– Tamasolusi adalah jasa terpercaya dan sudah berdiri sejak tahun 2006.
– Berpengalaman dan sudah melayani banyak klien.
– Banyak kemudahan dan biaya murah.
– Melayani jasa pembuatan izin yang lengkap.
– Tamasolusi didukung oleh karyawan yang profesional dan ahli di bidangnya.
– Tamasolusi siap melayani konsultasi online.

 

Pendirian CV

– Pendirian CV paling murah, hanya 5 juta!
– Lama Waktu Pengurusan 15 Hari Kerja

Commanditaire Vennootschap atau dikenal dengan Perusahaan Komanditer / CV merupakan suatu Badan Usaha yang didirikan oleh 2 (dua) pemodal atau lebih. Para pemodal ini terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif adalah sekutu yang bertanggungjawab memberikan modal (uang) dan tenaganya untuk kelangsungan perusahaan.

Sedangkan sekutu pasif hanya menyetorkan modalnya saja. Pembagian keuntungan dari sekutu pasif dan aktif berbeda sesuai kesepakatan.

Kelebihan dan kekurangan dalam Pendirian CV:

1. Biaya pengurusan murah hanya Rp. 5 juta dan sudah lengkap.
2. Nama CV saat ini tidak akan sama dengan nama CV lainnya (peraturan terbaru).
3. Saat ini CV sudah punya sk menkumham mirip dengan PT.
4. Kekurangannya, resiko usaha melibatkan sampai harta pribadi.

Adapun syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk mengurus pendirian CV ada 8 (delapan). Diantaranya adalah:

A. Foto copy KTP para pemodal, minimal 2 orang.
B. Mengisi Formulir pembuatan CV di formulir ada nama CV, modal untuk di NIB, dll.
C. NPWP seluruh pemodal.
D. Foto copy PBB terakhir tempat usaha / kantor, apabila milik sendiri.
E. Foto copy Surat Kontrak, apabila status kantor kontrak.
F. Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung, apabila berada di Gedung.
G. Kantor berada di wilayah Perkantoran / Plaza, atau Ruko, tidak berada di wilayah pemukiman.
H. Pas photo penanggung jawab ukuran 3 x 4 = 2 lembar / berwarna.

Jika CV sudah terbentuk, anda hanya tinggal melengkapi beberapa dokumen. Nah, kira-kira dokumen apa saja. Berikut ini hal yang perlu dicatat untuk melengkapi dokumen setelah CV terbentuk.

1. Akta Notaris Pendirian CV dan SK CV dari menkumham.
2. Domisili perusahaan.
3. NPWP badan usaha.
4. SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) / NIB.
5. TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) / NIB.

 

Pendirian PT

– Biaya dan Syarat

WoW! saat ini proses pembuatan PT sudah sangat CEPAT, MURAH, ONLINE. Sebagai contoh, di Tamasolusi, proses pendirian PT hanya dilakukan dalam 17 hari kerja, serta sudah lengkap sampai ke izin-izinnya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jasa pendirian PT, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat dan langkah apa saja yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah Perseroan terbatas.

Yup, salah satunya adalah modal. Mendirikan PT tentu saja memerlukan modal. Namun anda tak perlu khawatir, pada kenyatannya pembuatan PT tidak memerlukan modal besar. Untuk info lebih lanjut, anda bisa melakukan konsultasi via WhatsApp. Tim Tamasolusi akan memberikan solusi bagi anda dan menjelaskan apa-apa saja, serta memandu anda dengan baik.

Saat ini Tamasolusi sebagai jasa pembuatan PT dan Virtual Office. Perusahaan mempunyai beberapa ciri khusus, salah satunya perusahaan PT yang memiliki modal berbentuk saham.

Berikut ciri-ciri lain Perseroan Terbatas (PT) :

1. Diatur dalam Undang-undang perseroan terbatas (uu pt) NO. 40 Tahun 2007.
2. Didirikan oleh minimal 2 orang / Pribadi hukum
3. Mempunyai minimal modal setor ( sekarang minimal modal setor 51.000.000,-)
4. Minimal modal yang disetor ke kas perseroan 25 % dari minimal modal dasar.
5. Tanggung jawab terbatas dari para pemegang saham.
6. Didirikan dengan Akta Pendirian oleh Notaris dan berlaku sejak disahkan oleh Menteri Kehakiman.
7. Bertindak secara pribadi hukum.

Bagian syarat PT dan CV adalah menentukan modal setor, modal setor ini menunjukan kelas perusahaan, nah ini kelas pt menurut modal setor nya :

1. PT Kelas Kecil dengan modal Setor sebesar antara 50 Jt ~ 500Jt
2. PT Kelas Menengah dengan modal Setor sebesar antara 500 Jt ~ 10M
3. PT Kelas Besar dengan modal Setor sebesar diatas 10M

Kemudian, masalah – masalah apa aja yang perlu anda ketahui dan biasa terjadi di saat pendirian PT. Berikut sharing pengalaman Tamasolusi yang sudah puluhan tahun menangani pendirian pt.

Masalah pertama :

1. Alamat Perusahaan.
Masalah ini biasanya dialami oleh UMKM / calon pengusaha yang modal usahannya belum besar. Beberapa tahun yang lalu, Pemda DKI mewajibkan perusahaan PD, CV, PT, dan PMA memiliki alamat tempat usaha seperti Ruko/Perkantoran. Hal ini tentu sangat menjadi kendala bagi pelaku UMKM dalam mendirikan perusahaan di DKI Jakarta.

Namun, karena desakan dari UMKM, akhirnya Pemda DKI mengizinkan alamat perusahaan bisa menggunakan VIRTUAL OFFICE. apa itu VIRTUAL OFFICE?

Virtual Office merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh seseorang atau perusahaan kepada orang atau perusahaan yang lain untuk menggunakan alamat, nomor telepon, dan fasitas administrasi secara bersama-sama.

Virtual office merupakan jasa penyewaan alamat, dan telepon. Anda dapat menggunakan alamat dan nomor telepon tersebut di kartu nama anda, maupun di letterhead anda. Ada juga beberapa penyedia virtual office yang menyediakan layanan tambahan seperti meeting office (gratis atau berbayar), shared office (dengan kuota bulanan), call forwarding, package forwarding, etc.

– Apakah ada paket pendirian PT dengan Virtual Office sekaligus?
– Lebih murah dan mudah mana, paket pendirian CV Plus sewa alamat (virtual office)?

Untuk menjawab dua pertanyaan di atas tentu sangat mudah. Tamasolusi bisa menyediakan paket yang murah dan mudah untuk memfasilitasi klien dalam pengurusannya.

2. Tidak mempunyai modal setor yang diwajibkan pemerintah

Apa itu modal setor?
Apa itu modal dasar ?

Ada peraturan pemerintah yang mewajibkan kepada pemilik PT. Jika sudah mendirikan PT, maka wajib menyetorkan modal sesuai yang tertulis di akta pendirian. Untuk peraturannya, anda bisa mengakses http://setkab.go.id/pemerintah-terbitkan-aturan-perubahan-modal-dasar-perseroan-terbatas/

Terus solusinya bagaimana? Biasanya para notaris memberikan surat pernyataan akan menyetor agar proses SK PT bisa terbit.

3. Bidang usaha yang diinginkan pelaku usaha tidak ada di KBLI

 

Biaya dan Syarat Pendirian PMA

Penanaman Modal Asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing. Baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri. Ketentuan mengenai Penanaman Modal diatur didalam Undang-undang No. 25 Tahun 2005 tentang Penanaman Modal

Penanam Modal Asing dapat dilakukan oleh perseorangan warga negara asing, badan usaha asing, dan/atau pemerintah asing yang melakukan penanaman modal di wilayah negara Republik Indonesia. Kegiatan usaha atau jenis usaha terbuka bagi kegiatan penanaman modal, kecuali bidang usaha atau jenis usaha yang dinyatakan tertutup dan terbuka dengan persyaratan dan batasan kepemilikan modal asing atas bidang usaha perusahaan diatur di dalam Peraturan Presiden No.36 Tahun 2010 Tentang Perubahan Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal.

Peraturan dan Perundang-undangan terkait:

– Undang-undang No. 25 Tahun 2007 – Tentang Penanaman Modal
– Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas
– Peraturan Presiden No. 36 Th 2010 Tentang Perubahan Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal
– Peraturan Kepala BKPM No. 12 Tahun 2009 Tentang Pedoman dan Tata Cara Permohonan Penanaman Modal

Tahapan Pembuatan/Pendirian PMA (Penanaman Modal Asing) sebagai berikut; dimulai dari dengan menyampaikan surat permohonanan kepada BKPM. Berikut skema alur proses panduan investasi | mekanisme persetujuan & lisensi.

Syarat pendirian :

1. Foto copy Paspor untuk WNA
2. Foto copy KTP dan NPWP pribadi untuk WNI
3. Foto copy PBB terakhir tempat usaha/kantor, apabila milik sendiri
4. Foto copy Surat Kontrak, apabila status kantor kontrak
5. Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung, apabila berada di Gedung
6. Kantor berada di wilayah Perkantoran/Plaza, atau Ruko, atau tidak berada di wilayah pemukiman.
7. Pas photo penanggung jawab ukuran 3X4 = 2 lbr berwarna
8. Siap disurvei

Persiapan yang sudah merupakan kesepakatan bersama :
1. Nama PT
2. Kedudukan dan bidang usaha
3. Jumlah Modal Dasar dan Modal setor
4. Komposisi Saham
5. Susunan Direksi dan Komisaris

Paket PMA meliputi :
1. Surat Persetujuan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal)
2. Akta Notaris
3. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
4. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
5. SK Kehakiman
6.TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

Biaya di Tamasolusi Paling MURAH dan Lama Proses hanya 35 hari kerja.

 

Tahun 2019, Ganti Pendirian PT, CV, PMA, dan SIUJK Menjadi PAKET

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) PT dan PMA

Sebelum melakukan pengurusan SIUJK (Surat Izin Jasa Konstruksi), anda harus mengurus beberapa surat-surat penting terlebih dahulu. Karena tanpa kelengkapan ini, Izin Konstruksi bagi perusahaan anda tidak akan bisa keluar.

Salah satunya adalah Sertifikat Keterampilan (SKT) yang merupakan bukti kompetensi atau bukti pengakuan formal, serta kemampuan profesi keterampilan yang dikeluarkan oleh LPJK.

Selanjutnya anda juga mengurus persyaratan lain seperti SKA sebagai bukti kompetensi serta kemampuan profesi keahlian dalam bidang jasa konstruksi.

Bingung, jangan khawatir, Tamasolusi akan mengurus PAKET TERIMA BERES Jasa Konstruksi PT dan PMA bisa Call/Sms/Wa : 0812 9787 9901

BUJKA – Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing

Langkah-langkah untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) PT Lokal dan Perusahaan Asing, dapat dibagi ke dalam tiga tahap:

TAHAP 1 : Sertifikasi Tenaga Ahli (SKA)/Trampil (SKT)

TAHAP 2 : Daftar Keanggotaan Asosiasi Kontraktor (KTA)

TAHAP 3 : Sertifikasi Badan Usaha (SBU)

TAHAP 4 : Pengurusan SIUJK

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum membahas ketiga tahap di atas;

Pertama, pastikan bahwa Anda memiliki dokumen-dokumen yang standar. Bila usaha Anda berbentuk PT misalnya, dokumen-dokumen berikut sudah ada: akte pendirian PT, SK Menteri Hukum dan HAM, Surat Keterangan Domisili Usaha, NPWP, SIUP, TDP dan Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Kedua, tentukan besar proyek yang akan Anda garap- apakah mau menggarap proyek kecil (di bawah Rp500 juta), proyek menengah (Rp500 juta sd Rp 10 Miliar) atau proyek skala besar (di atas Rp10 M).

LPJK telah membuat kualifikasi perusahaan dengan nilai proyek: K1, K2, K3, M1, M2, B1, dan B2.

Kalau perusahaan Anda masih baru di bidang jasa konstruksi, Anda hanya mempunyai dua pilihan: memilih proyek kecil (K1) atau menengah (M1). Kualifikasi Anda nanti dapat ditingkatkan sesuai dengan pengalaman Anda di bidang konstruksi. Bila Anda memilih kualifikasi kecil (K1) misalnya, Anda harus mempunyai pengalaman tertentu untuk bisa naik ke kualikasi K2, K3 dan seterusnya.

Dokumentasikanlah pengalaman-pengalaman Anda- kontrak, berita acara selesai proyek- sebagai acuan bagi LPJK untuk meningkatkan kualikasi Anda di bidang jasa konstruksi.

TAHAP 1: SERTIFIKASI TENAGA AHLI (SKA)/TENAGA TRAMPIL (SKT)

Apakah Anda membutuhkan SKA atau SKT? Ini tergantung dari kualifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) yang Anda butuhkan. Bila Anda memulai dengan klasifikasi kecil (K1), Anda cukup membutuhkan SKT. Tenaga ahli cukup dengan izasah SMU atau STM.

Bila Anda memilih SIUJK Klasifikasi M1 misalnya, Anda membutuhkan SKA. Anda harus memiliki tenaga ahli minimal sarjana. Berapa orang sarjana yang Anda butuhkan, ini tergantung dari berapa bidang yang akan Anda garap. Bila perusahaan Anda adalah pemula, hanya 4 klasifikasi (bidang) dan hanya 4 sub-klasifikasi (sub-bidang) yang bisa anda garap.

KLASIFIKASI

Klasifikasi yang ada (sesuai dengan peratuan baru Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) adalah Bangunan Gedung, Bangunan Sipil, Instalasi Mekanikal dan Eletrikal, Jasa Pelaksanaan Lainnya, Jasa Pelaksanaan Spesialis, Jasa Pelaksanaan Ketrampilan. Masing-masing klasifikasi ini masih mempunyai sub-klasifikasi. Jadi, Anda harus memilih klasifikasi dan sub-klasifikasi mana yang akan Anda garap.

Lembaga Pengmbangan Jasa Konstruksi telah mengeluarkan klasifikasi dan sub-klasifikasi lengkap dengan kode-kodenya untuk izin usaha jasa konstruksi.

BERAPA SKA YANG ANDA BUTUHKAN?

Jumlah SKA yang Anda butuhkan tergantung dari berapa bidang yang akan Anda garap. Bila Anda memilih 4 bidang, paling tidak Anda membutuhkan 5 SKA. Bila perusahaan Anda misalnya memilih kualifikasi M1, maka Anda harus memiliki satu SKA penanggung jawab teknik dan 4 penangjungjawab klasifikasi (bidang).

Bila perusahaan Anda hanya menggarap 3 klasifikasi, maka Anda membutuhkan 4 SKA: 1 penanggungjawab teknik, 3 penanggungjawab klasifikasi.

Semua SKA harus mengikuti training yang telah ditentukan oleh asosiasi profesi terkait dan mengikuti wawancara atau membuat sebuah karya ilmiah sesuai dengan bidang yang mereka pilih sebelum mendapatkan sertikasi tenaga ahli (SKA).

SYARAT UNTUK SKA

1. S1 Teknik dan Pertanian
2. Mengisi Formulir Keanggotaan
3. Fotocopy Izasa S1
4. Fotocopy KTP
5. Pasfoto 3×4 4 Lembar
6. NPWP

BERAPA LAMA PENGURUSAN SKA?

Ini bisa memakan waktu sampai satu bulan. Pertama, tenaga ahli akan mengikuti training dan interview sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh asosisasi profesi.

Setelah dinyataka lulus, asosiasi tersebut akan mendaftarkan tenaga ahli tersebut ke Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). LPJK kemudian akan mengeluarkan Sertikasi Tenaga Ahli sesuai dengan bidang yang ia pilih.

#Pakai Biro Jasa Pengurusan SIUJK, Tidak Perlu repot menyediakan tenaga ahli SKA/SKT.

TAHAP 2: SERTIFIKASI BADAN USAHA

Bila perusahaan Anda telah memiliki sertifikasi tenaga ahli (SKA), baru Anda bisa mengurus sertifikasi badan usaha (SBU). Tanpa SKA, Anda tidak mungkin mendapatkan SBU.

Untuk mendapatkan SBU, selain SKA, Anda harus menjadi anggota salah satu asosiasi, yang terakreditasi di LPJK. Kemudian, Anda membayar sejumlah biaya untuk mengurus SBU sesuai dengan bidang yang Anda garap. Banyak dokumen yang perlu Anda siapkan bila Anda mau mendapatkan SBU.

Pengurusan SBU ini bisa mengambil waktu kurang lebih 1 bulan bahkan lebih, tergantung banyaknya SBU yang diproses di LPJK.

SYARAT UNTUK SBU

1. Akte Pendirian Usaha (PT atau CV)
2. SK Menteri Hukum dan HAM (Pengesahan)
3. Surat Keterangan Domisili Usaha
4. Nomor Pokok Wajib Perusahaan (NPWP)
5. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
7. Pengusaha Kena Pajak (PKP)
8. Neraca & Laporan Keuangan Perusahaan
9. Surat Keterangan Ketrampilan (SKT)/ Surat Keterangan Keahlian (SKA)
10. Kartu Anggota Assosiasi (KTA)
11. KTP Pengurus Perusahaan
12. Kartu Keluarga Penanggungjawab Perusahaan
13. Pas Foto 4×6 4 lembar
14. Struktur Organisasi

TAHAP 3: SIUJK

Bila Anda sudah mempunyai SKA dan SBU, barulah Anda bisa mengurus Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) ke Pemda terkait.

PERSYARATAN UNTUK SIUJK?

Berikut adalah syarat-syarat dokumen yang diperlukan:

1. Akte Pendirian Usaha (PT atau CV)
2. SK Menteri Hukum dan HAM (Pengesahan)
3. Surat Keterangan Domisili Usaha
4. Nomor Pokok Wajib Perusahaan (NPWP)
5. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
7. Pengusaha Kena Pajak (PKP)
8. Surat Keterangan Ketrampilan (SKT)/ Surat Keterangan Keahlian (SKA)
9. Sertfikasi Bada Usaha (SBU)
10. KTP Pengurus Perusahaan
11. Pas Foto 4×6 2 lembar
12. UUG
13. SPPL

 

Urus Izin PT CV

1. SIUP
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Setiap perusahaan, koperasi, persekutuan maupun perusahaan perseorangan, yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib memperoleh SIUP yang diterbitkan berdasarkan domisili perusahaan dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia.

2. TDP
Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah bukti bahwa Perusahaan/Badan Usaha telah melakukan Wajib Daftar Perusahaan berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 Tentang “WAJIB DAFTAR PERUSAHAAN”.

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) wajib dimilki oleh perusahaan/badan usaha Penanaman Modal Asing (PT-PMA), PT Non PMA, CV, Koperasi, Firma atau perusahaan perorangan yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Kabupaten cq. Kantor Pendaftaran Perusahaan.

Source : Putra Putri Indonesia

PAKET Biaya Syarat Pendirian PT CV PMA SIUJK NIB Jasa Lengkap sd Izin
Jalan Mayjend. D.I. Panjaitan no 45 by pass Gedung Pembina Graha RT.17, RW.9, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350
Telp / SMS / WhatsApp : 0812 9787 9901

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply