Sore Ini Sidang Putusan Amel, Pengacara Minta Dibebaskan

by -
Sore Ini Sidang Putusan Amel, Pengacara Minta Dibebaskan
Amel saat menjalani sidang didampingi kuasa hukumnya di Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Selasa (1/12) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sore hari ini terdakwa tindak Pidana Pemilu Pilkada Beltim 2020 Syarifah Amelia, akan diadili (divonis) Pengadilan Negeri Tanjungpandan. Hal itu dilakukan setelah pengadilan menggelar sejumlah agenda sidang hingga Selasa (1/12) kemarin.

Berbagai agenda telah dilaksanakan. Diantaranya mulai dari pembacaan dakwaan, eksepsi, putusan sela, pemeriksaan saksi-saksi dan ahli. Lalu dilanjutkan tuntutan serta pledoi. Hingga diakhiri agenda Replik Duplik, kemarin.

Dalam Replik yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Beltim Wawan Kurniawan, tetap kukuh pada tuntutannya. Yakni menyatakan perempuan yang akrab disapa Amel ini bersalah melanggar pasal yang dakwakan.

Yakni Pasal 187 ayat 2 juncto Pasal 69 huruf C Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015, Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.

Sehingga JPU Kejari Beltim meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungpandan, menolak pledoi dari Syarifah Amelia. Serta menjatuhkan putusan hukum terhadap terdakwa Amel, yang merupakan Ketua Tim Relawan Paslon BERAKAR tersebut.

Menanggapi Replik JPU, Tim Pengacara Amel juga mengaku keberatan dengan tanggapan jaksa. Mereka tetap teguh terhadap Pledoi yang telah dibuat. Yaitu, menyatakan Syarifah Amelia tidak terbukti bersalah dalam kasus ini.

Pernyataan mereka diperkuat dengan keterangan saksi dan ahli pada saat persidangan, beberapa hari lalu. Sehingga tim pengacara meminta kepada majelis hakim agar adil dalam memutuskan perkara ini.

Yakni meminta majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan mengabulkan pledoi dari terdakwa Syarifah Amelia. Serta membebaskan terdakwa Amel dari tuntutan hukum, dan memulihkan nama baiknya.

Sementara itu, Hakim Ketua Himelda Sidabalok yang memimpin sidang, memutuskan pembacaan putusan dalam perkara ini akan dilaksanakan Rabu (2/12) sore.Usai persidangan kemarin, puluhan massa simpatisan Amel mendatangi PN Tanjungpandan. Mereka menandatangani kain putih sebagai bentuk dukungan terhadap Amel. (kin)