Sosialisasi GenRe Masih Minim

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi menyayangkan kurangnya pengetahuan remaja Babel terhadap kesehatan reproduksi, sehingga BKKBN Babel harus meningkatkan kinerja untuk memberi pemahaman dan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi untuk remaja.
“BKKBN harus meningkatkan pemahaman dan kesadaran remaja mengenai kesehatan reproduksi, karena dengan ini mereka dapat menyiapkan kehidupan berkeluarga sehingga terwujud keluarga yang berketahanan dan sejahtera,” ujarnya, dalam rapat kerja daerah BKKBN Babel, di gedung Hamidah, Kamis (23/4) kemarin.
Selain harus meningkatkan pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi, Rustam mengingatkan terhitung tanggal 1-31 Mei 2015, BKKBN harus melakukan pendataan keluarga sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 87 tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga berencana dan sistem informasi keluarga. “Pendataan ulang ini upaya kita untuk dapat data keluarga yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.
Deputi Keluarga Sejahtera/Pemberdayaan Keluarga BKKBN Pusat, Dr. Sudibyo Ali Muso juga mengakui bahwa Babel, khususnya di Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka dan Belitung, perlu dtingkatkan program generasi berencana (GenRe), agar para remaja bisa berprilaku positif untuk kesehatan reproduksinya.
“Secara nasional, budaya atau pengetahuan tentang kesehatan reproduksi memang minim, jadi banyak remaja yang ingin mencoba-coba hamil, sehingga angka kelahiran remaja juga masih tinggi, karena itu saya minta diperhatikan, kegiatan GenRe harus ditingkatkan,” ungkapnya.
Jika program GenRe ini tidak diketahui remaja, menurut Sudibyo, akan banyak remaja yang menikah muda dan tidak selesai sekolah. “Jika ini dibiarkan, angka perceraian akan tinggi sekali di tingkat perempuan remaja, karena nantinya perempuan lah yang banyak ngajuin perceraian,” tandasnya seraya melanjutkan, beberapa kabupaten di Babel juga perlu mengarahkan pemakaian kontrasepsi jangka panjang, seperti Pangkalpinang dan Belitung Timur sudah terlihat baik pemakaiannya. (eza)

Baca Juga:  Sambut Ramadan, Molen Pawai Ta'ruf Bareng Warga

Rate this article!
Tags:
author

Author: