Sosialisasi Pilkades Sudah Dimulai

by -61 views
Sosialisasi Pilkades Sudah Dimulai
IlustrasiKegiatan Sosialisasi Pilkades. Foto: Istimewa

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pemerintah daerah Kabupaten Beltim melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) mulai melaksanakan sosialisasi pemilihan Kepala Desa serentak yang akan digelar pada tahun 2020. Terakhir, seluruh Ketua BPD telah dikumpulkan guna mendapat arahan teknis seputar penyelenggaraan pemilihan.

“Jadi untuk seluruh seluruh Sekdes dan ketua BPD sudah dikumpulkan, karena fungsi BPD sebagai pengawas, dan mereka ada sekretariat nanti. Kalau penyelenggaraannya BPD, tetapi sekretariatnya ada di desa masing-masing,” ungkap Kepala DSPMPD Kabupaten Beltim, Ida Lismawati.

Menurut Ida, sosialisasi pemilihan yang disampaikan kepada Ketua BPD dan Sekretaris Desa merupakan sosialisasi terakhir di tahun 2019. Selebihnya, sosialisasi akan dimulai awal tahun hingga mendekati hari pelaksanaan.

“Untuk sosialisasi bagi Ketua tingkat desa, ini awal pertama sosialisasi di akhir tahun 2019. Tahun depan mulai Januari, desa mulai melaksanakan kegiatan awal sosialisasi di tingkat desa,” ujar Ida.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan Ida, hampir seluruh Desa telah membentuk kepanitiaan di tingkat Desa. Kepanitiaan ini nantinya akan membantu proses pemilihan yang dimulai dengan persiapan-persiapan.

“Pembentukan panitia tingkat Desa sudah dibentuk dan pelaksanaannya tetap direncanakan pada bulan April. Tetapi tanggal belum kita tetapkan,” sebut Ida.

Sedangkan kepanitiaan besar di tingkat Kabupaten hingga kini belum terbentuk. Namun menurut Ida, yang terpenting adalah kepanitiaan di tingkat Desa

“Belum (panitia Kabupaten), bisa akhir tahun ini atau awal tahun 2020 nanti. Sosialisasi sudah 4 (empat) kali dilaksanakan, di akhir kita melibatkan para ketua panitia karena kepanitiaan di desa sudah terbentuk untuk 20 desa yang akan melakukan pemilihan tahun depan atau yang terakhir dari 3 gelombang,” tutup Ida.

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *