Sosialisasikan Adminduk Bagi Suku Sawang

by -

GANTUNG – Dokumen kependudukan sangat penting dimiliki setiap penduduk. Banyak manfaat yang didapat, jika setiap penduduk dilengkapi dokumen kependudukan. Mirisnya, banyak penduduk yang belum memiliki dokumen kependudukan karena alasan ketidaktahuan.
Dalam lingkup kecil, warga suku Sawang menjadi kelompok yang belum banyak memiliki dokumen kependudukan. Padahal, sejak berpuluh-puluh tahun mereka sudah menempati kompleks “U” Dusun Seberang Desa Selinsing. Sejak keberadaan mereka diperhatikan sebuah organisasi pemberdayaan masyarakat Air Mata Air (Amair) setahun terakhir, upaya melengkapi dokumen kependudukan mulai dilakukan.
Kemarin, Senin (25/4), bertempat di kompleks tersebut diadakan perekaman penduduk yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Beltim.
“Ini kegiatan Dukcapil bekerjasama dengan Organisasi Pemberdayaan Masyarakat “Air Mata Air” di Pemukiman Suku Sawang di Kecamatan Gantung adalah dalam rangka untuk memberikan pemahaman akan kesadaran pentingnya dokumen kependudukan,” ungkap Kepala Bidang Kependudukan Dukcapil Beltim, Suharman, SH.
Dikatakan Suharman, berdasarkan data yang terdapat dalam server SIAK Dukcapil Kabupaten Beltim, masih ada penduduk suku Sawang yang belum memiliki data maupun dokumen kependudukan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodir dan memfasilitasi hal tersebut.
“Tentu oleh seluruh stakeholder terkait dengan penyediaan hak dasar penduduk dibidang dokumen kependudukan,” ujar pria yang akrab disapa Arman.
Arman yang ditemui usai kegiatan mengatakan animo masyarakat suku Sawang sangat antusias. Hal ini terlihat dari kehadiran pada saat acara sosialisasi kebijakan adminduk dan pengajuan pendataan permohonan pembuatan akte kelahiran dan perekaman KTP eletronik.
“Dengan adanya kesadaran mereka, kita berharap seluruh masyarakat disana benar-benar merasakan manfaat dokumen kependudukan. Intinya memberikan kemudahan bagi mereka kedepannya,” sebut Arman.(feb)