Sosialisasikan SE 2016

by -

TANJUNGPANDAN-Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung menyosialisasikan Sensus Ekonomi (SE) 2016, di Ruang Sidang Pemkab Belitung Jumat (4/11) kemarin. Kegiatan ini dengan pokok bahasan tentang pengumpulan dan penyajian data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusun kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan, kecuali pertanian. Sosialisasi SE 2016 dihadiri Wakil Bupati Belitung Erwandi A. Rani, sejumlah perwakilan SKPD, BUMN dan perusahaan swasta serta media.

Kepala Bidang Statistik Distribusi (BPS) Provensi  Babel Rahmadi mengatakan, saat ini kegiatan sensus ekonomi masih tahap sosialisasi. Lantas, persiapan petugas sensus yang akan disebar di kabupaten/kota.

“Dalam waktu dekat ini akan memfokuskan kegiatan sosialisasi melalui pemasangan baleho, memanfaatkan media massa, agar masyarakat mengetahui kegiatan pendataan potensi ekonomi di daerah,’’ ujar Rahmadi kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Kadin Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung  Agus Puji kegiatan pemetaan usaha sudah kita awali tahun 2014 lalu. Dan sekarang tahun 2015 sosialisasi. Jadi, tahun 2016 tinggal pelaksaan saja. “Pendataan kita lakukan mulai dari segala sektor, baik usaha kecil, besar untuk mengetahui peta usaha di Indonesia,’’ paparnya.

Dia menambahkan, untuk keperluan itu, BPS memerlukan data yang akurat. “Sensus ekonomi (SE) 2016 bukan hanya milik BPS saja tetapi milik masyarakat dan bangsa Indonesia,’’ pungkasnya.(mg1)