SPOT GMT

by -

Pemda Siapkan Sejumlah Spot GMT

 

TANJUNGPANDAN- Pemerintah daerah (Pemkab) Belitung menyiapkan beberapa titik pantau (Spot) menyaksikan momen Gerhana Matahati Total (GMT) pada 9 Maret mendatang.

 

Penyiapan titik pantau GMT sesuai dengan rapat bersama Bupati beberapa waktu lalu di ruang rapat Pemda. Spot GMT rata-rata berada di Kecamatan Sijuk.Yaitu di Desa Terong, Sungai Padang, Pelepak Pute, Gunung Batu Titi, Desa Tanjung Tinggi, Bikit Paramon dan kawasan konservasi tangkapan air di Desa Selumar.

 

“Kalau untuk durasi gerhana itu diprediksi hanya berlangsung tidak lebih dari tiga menit. Dan kemungkinan akan berlangsung sekitar pukul 07.22,”jelas Rohili Rohili Kabid pemasaran dan promosi wisata Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif (Disparekraf), Rabu ( 10/1) kemarin.

 

Rohili memperkirakan, ribuan para wisatawan domestis dan wisataman mancanegara (Wisman akan menyerbu Belitung untuk menyaksikan momen langka tersebut. Hal itu terlihat dari jumlah hunian hotel dibooking juah-jauh hari oleh wisatawan. Lebih dari 80% hotel-hotel di Belitung sudah terbooking.

 

“Kemungkinan lebih dari 100 orang ilmuan dan pengamat geofisika akan menyaksikan GMT, yang terbagi di beberapa titik. Belum lagi kedatangan ribuan wisatwan lainnya” teranganya. (mg1)