Start Pukul 13.00 WIB Siang Ini

by -

MANGGAR – Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 70 Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mencatat hingga Rabu, (19/8) kemarin, ada 120 calon peserta pawai pembangunan yang mendaftar ke Sekretariat Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Beltim. Jumlah ini diprediksi bertambah mengingat panitia masih tetap akan membuka pendaftaran hingga Kamis (20/8) pagi ini.
Koordinator pendaftaran, Alfia mengungkapkan para peserta pawai pembangunan masih didominasi oleh peserta jalan kaki, yakni sekitar 60 grup. Sebanyak 6 grup drumband/ marching band juga sudah siap untuk tampil.
“Jumlah ini belum fix karena besok kita masih buka pendaftaran. Biasanya ujung-ujung akan ramai mengingat beberapa kecamatan dan instasi yang biasa ikut belum mendaftarkan diri,” ungkap Pia.
Tahun ini Panitia memberikan waktu demonstrasi maksimal 5 menit bagi setiap regu yang akan melakukan demosntarsi atau tampil dihadapan panggung kehormatan. Hal ini sengaja dilakukan mengingat tahun lalu, dikarenakan panitia tidak membatasi waktu tampil pawai baru bisa berakhir hingga pukul 19.00 WIB.
“Tahun ini kita batasi waktu tampil. Setiap regu hanya bisa atraksi maksimal 5 menit. Biar nanti selesainya juga cepat, mudah-mudaha setengah 6 seluruh peserta sudah sampai di garis finish,” ujarnya.
Staf di Dispora Kabupaten Beltim ini juga membantah jika ada isu yang menyatakan bahwa pawai pembanguan akan dimulai pukul 09.00-10.00 WIB. Ia megakui memang sebelumnya panitia sempat ingin membedakan antara grup drumband dan peserta pawai lainnya.
“Memang kita akui ada selentingan isu di masyarakat yang menyebutkan pawai akan dimulai jam 09,00 WIB pagi. Namun Itu kita bantah, karena kita tetap dengan jadwal semula yakni start jam 13.00 WIB siang,” lanjut Pia.
Untuk rute dan penilaian lomba pawai, Ia juga menyatakan tetap menggunakan rute lama dan kriteria yang sama seperti tahun sebelum.
“Start kita tetap di Lapangan Sepak Bola Taruna Desa Lalang dan finish di Lapangan Sepak Bola Yagor Desa Kurnia. Sedangkan penilaian kreteria yang dipakai adalah kesesuaian dengan tema, kreatifitas, dan jumlah peserta,” pungkas Pia. (feb)