Stok Bahan Pokok Aman

by -

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperidagkop-UMKM) Romli Zarkasih menjelaskan, Stok bahan pokok di Pangkalpinang untuk tiga bulan kedepan masih mencukupi dalam rangka menyambut hari raya Imlek.
“Stok bahan pokok kita aman 3 bulan kedepan, dan 10 hari kedepan juga akan ada penambahan stok bahan pokok kita. Cuma kendalanya adalah faktor cuaca, ” ujar Romli saat di temui Radar Bangka (RB) Jumat (6/2).
Romli menambahkan, untuk bulan Februari sekarang ada beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan harga seperti beras, daging ayam, kedelai eks impor dan yang paling banyak mengalami penurunan adalah harga cabe merah keriting yang sebelumnya 42.000/kg menjadi 28.500/kg atau turun sekitar 32,14 %.
“Untuk sekarang harga bahan pokok kita mengalami penurunan, Hanya ada informasi nantinya harga akan naik kembali cuma belum tahu kapan dan apa penyebabnya,” ungkapnya.
Lanjut Romli, perekonomian di Pangkalpinang termasuk lesu dikarenakan stok barang banyak akan tetapi daya beli dari masyarakat masih kurang. Masyarakat Pangkalpinang sekarang, menurutnya adalah masyarakat kosumtif bukan sebagai produktif maka dengan itu semua bahan pokok didatangkan dari luar semua.
“Yang penting ada kemauan masyarakat kita untuk bisa merubah itu, kalau bisa kita bisa memproduksi bahan pokok sendiri tidak perlu dari luar lagi dan yang lebih bagusnya lagi kita bisa mengirim ke daerah lain hasil produksi dari kita,” tandasnya. (cr61)