Stok Bahan Pokok di Belitung Aman Hingga Jelang Ramadan

by -
Stok Bahan Pokok di Belitung Aman Hingga Jelang Ramadan

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Meski tengah dilanda virus Corona (Covid-19) di Indonesia, ketersediaan atau stok bahan pokok di Kabupaten Belitung dipastikan aman hingga menjelang bulan Ramadan, akhir April 2020. Sampai saat ini tidak ada lonjakan harga.

Bahan pokok seperti beras, minyak maupun daging harga masih stabil. Hanya saja harga gula pasir yang mengalami kenaikan seribu rupiah. Sebelumnya di Pasar Tradisional Tanjungpandan harga gula pasir Rp 14 ribu per Kg, kini menjadi Rp 15 ribu.

“Informasinya naiknya harga gula pasir lantaran stok menipis. Sebab belum ada suplai dari Jakarta untuk dikirim ke Belitung,” ujar Kepala Satgas Pangan Kabupaten Belitung AKP Erwan Yudha Perkasa, kepada Belitong Rabu (18/3) kemarin.

Pria yang juga menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Belitung mengatakan, pihaknya beserta unsur instansi di Belitung sudah melakukan sidak. Yakni turun langsung mengecek ketersediaan bahan pokok wilayah Kecamatan Tanjungpandan.

Seperti di beberapa pasar dan juga distributor yang ada di Tanjungpandan. Dari hasil pantauan Polres Belitung bahan seperti sembako masih tercukupi hingga awal Ramadan mendatang.

Mengatisipasi langkanya bahan pokok, Tim Satgas Pangan Kabupaten Belitung menghimbau kepada para pedagang agar batasan ke pembeli. Bahkan, tim sudah menetapkan batasan tersebut.

“Untuk beras, dibatasi 10 kilogram perorang. Untuk gula maksimal dua kilogram per orang. Dan mie instan dua dus perorang. Itu kita lakukan agar tidak terjadi kelangkahan,” kata pria Jebolan AKPOL 2007.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Pembantu Bulog Belitung Faisal Fahmi mengatakan, stok gula di Belitung saat ini belum tersedia (habis). Bulog masih menunggu kiriman dari pusat. Dia belum bisa memastikan kapan gula akan datang. “Untuk mengatasinya, kami akan membeli ke distributor lokal. Setelah itu, kami akan menjual kepada masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk kondisi bahan pokok lain Fahmi memastikan aman. Untuk beras, saat ini Bulog masih ada stok hingga ratusan ton di Gudang, yang berada di Kawasan Jalan Teuku Umar Tanjungpandan. “Beras yang tersedia sekitar 900 ton. Jumlah itu kemungkinan mencukupi hingga sebulan kedepan,” tukas Faisal. (kin)

Editor: Yudiansyah