Stok Bahan Pokok di Belitung Dipastian Cukup untuk Lebaran

by -
Stok Bahan Pokok di Belitung Dipastian Cukup untuk Lebaran
Hermanto.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, memastikan stok bahan pokok di daerah itu cukup dalam menghadapi hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang. Bulog dan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, sudah memastikannya.

“Berdasarkan rapat koordinasi sebelumnya dipastikan stok bahan cukup untuk menghadapi Idul Fitri 1442 Hijriah,” kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkab Belitung, Hermanto, Selasa (4/5) kemarin.

Menurut Hermanto, Pemerintah Daerah juga menyiapkan langkah antisipasi komoditi sapi dan ayam potong, yang sering mengalami kenaikan harga serta menyumbang inflasi bagi daerah menjelang lebaran.

“Dari sisi kebutuhan untuk ayam juga kemarin memang sudah ada stok yang disampaikan oleh dinas terkait. Dan upaya jika kekurangan maka ada antisipasi termasuk di dalamnya daging sapi Perum Bulog juga sudah ada persiapan daging beku,” jelas Hermanto.

Ia menambahkan, sampai sekarang ini pasokan dan distribusi kebutuhan pokok di Kabupaten Belitung terpantau lancar. Termasuk pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kemudian, pasokan elpiji dari Pertamina sudah menyampaikan terkait bagaimana upaya menjaga stok elpiji agar tetap aman selama bulan ini.

Selain itu harga bahan pokok di Kabupaten Belitung terhitung menjelang H-8 lebaran terpantau normal dan persedianpun tetap ada. “Sampai saat ini kami belum melihat yang terlalu signifikan kalau sembako stok dan harga normal paling nanti hanya kenaikan harga bumbu dapur,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani juga mengatakan stok bahan pokok dipastikan cukup dalam menghadapi Idul Fitri. “Rata-rata persedian bahan pokok ada dan tersedia di Belitung,” katanya. (dod)