Stok Bawang Putih di Belitung Masih Aman

by -
Stok Bawah Putih di Belitung
Kepala Bidang Ketersediaan dan Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Enny Sulistiowati bersama jajarannya ketika menijau persedian stok di salah satu distributor Bawang Putih di Kabupaten Belitung, Selasa (11/02) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Persediaan Bawang putih di Kabupaten Belitung saat ini masih aman dan cukup. Kepala Bidang Ketersediaan dan Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Enny Sulistiowati mengatakan mayoritas bawang putih tersebut dipasok dari luar daerah Belitung.

“Kalau untuk bawang putih memang dipasok impor langsung dari China melalui Jakarta,” katanya saat ditemui Belitong Ekspres, Rabu (12/02) kemarin.

Enny mengatakan, dengan adanya wabah virus Corona di China yang mengakibatnya tersendatnya impor bawang putih dari daerah tersebut memang memiliki pengaruh, namun belum signifikan. “Pengaruhnya memang ada karena saat ini harga bawang putih mengalami kenaikan tetapi untuk stok atau ketersediaan saat ini masih cukup untuk beberapa waktu ke depan,” ujarnya.

Namun, kata dia, pihaknya terus mendata ketersediaan bawang putih di sejumlah agen dan distributor yang ada di kabupaten Belitung guna memastikan tidak terjadinya kelangkaan. ” kita kemarin mengecek di beberapa distributor, ada yang masih 500 kg, ada yang 600 kg, ada yang 60 kg, terus ada yang baru masuk juga kemarin, dan yang lainya masih di cek, dan rata-rata ketersedian masih ada dan masih cukup,” paparnya.

Selanjutnya kata dia, ada beberapa distributor mengatakan dalam waktu dekat bawang putih yang akan masuk. Biasanya seminggu ada sebanyak dua kali kapal masuk membawa bawang putih. “Jumat subuh akan ada masuk kapal lagi,” ujarnya.

Selain itu pihaknya bersama satgas pangan juga memantau ketersediaan bawang putih di tingkat distributor atau kapal yang masuk mengangkut bawang putih. “Saat ini kami fokus mendata berapa jumlah ketersediaan bawang putih untuk langkah selanjutnya jika ada kelangkaan kami akan komunikasikan,” kata Enny. Kebutuhan bawang putih di Kabupaten Belitung, mencapai sebanyak 371 ton dalam setahun. Angka tersebut berdasarkan jumlah penduduk di Kabupaten Belitung. (dod)