Stok Buku Nikah Aman Hingga 4 Bulan ke Depan

by -
Stok Buku Nikah di Belitung Aman Hingga 4 Bulan ke Depan
Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat, Kemenag Belitung, Ahmad Tibroni.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Persedian Buku nikah di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Belitung mencapai 1.300 buku. Sedangkan di masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Belitung masih tersisa sekitar 120 buku nikah.

Hal tersebut dikatakan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat, Kemenag Belitung, Ahmad Tibroni mengenai persedian buku nikah di kabupaten Belitung.

Stok buku nikah tersebut merupakan stok dari tahun 2019. Jumlah tersebut diperkirakan cukup hingga 4 bulan ke depan.

“Insyallah ade penambahan dari Kanwil, dari pusat perkiraan di bulan April 2020,” terangnya saat ditemui belitongekspres.co.id, Jumat (10/01/2020).

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Belitung memiliki 5 KUA. Yakni KUA Tanjungpandan, KUA Sijuk, KUA Badau, KUA Membalong, KUA Selat Nasik.

“KUA yang paling banyak jumlah nikahnya yakni KUA Tanjungpandan, rata-rata setiap bulan di atas 100 pasang. Kemudian yang paling sedikit KUA Selat Nasik, yakni rata-rata 5 hingga 8 pasang per bulannya,” paparnya.

Dikatakan Ahmad, Buku Nikah tetap disebarkan ke masing-masing KUA-KUA, di satu sisi pihak melakukan supervisi. Sembari itu pihaknya mengevaluasi berapa buku jumlah nikah yang sudah sampai ke masyarakat, yang sudah melaksanakan pernikahan di masyarakat.

Ia pun mengajak masyarakat bersama-sama melaksanakan aturan yang sudah ada, yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kementrian Agama beserta Pemerintah Daerah tidak akan mempersulit masyarakat. Asalkan seluruh syarat dan prosedur dilalui dengan baik dan benar,” tandasnya.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama