Stok Buku Nikah di Kemenag Belitung Dipastikan Cukup Sepanjang 2020

by -
Stok Buku Nikah di Kemenag Belitung Dipastikan Cukup Sepanjang 2020
Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat, Kemenag Belitung, Ahmad Tibroni.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Persediaan (Stok) Buku nikah di Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung dipastikan cukup sepanjang tahun 2020. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat, Kemenag Belitung, Ahmad Tibroni mengatakan persedian buku nikah di Kemenag Belitung dipastikan cukup hingga akhir tahun 2020.

“Alhamdulillah, buku nikah di Kemenag Kabupaten Belitung masih ada sekitar 200 lebih pasang, kita perkirakan cukup sampai akhir tahun 2020,” kata Ahmad Tibroni kepada Belitong Ekspres, Senin (29/6) kemarin.

Selain persediaan di Kemenag Belitung, masih ada persedian di seluruh KUA di Kabupaten Belitung yakni perkiraan rata-rata sekitar 50 hingga 80 buku nikah, sedangkan di KUA Tanjungpandan ada sekitar 100 buku nikah.

“Kita sudah distribusikan sesuai kebutuhan setiap bulan, KUA bukan tidak diberi stok banyak, tetapi untuk menjaga keamanan buku itu, apalagi ada KUA yang sedang diperbaiki,” terang Ahmad Tibroni.

Dia menjelaskan, buku nikah itu setiap tahun dan setiap semester, Kemenag Belitung akan menerima distribusi buku nikah itu. “Kita akan menerima dari pusat melalui Kanwil Provinsi Babel, setiap tahun dan semester,” jelasnya.

Sebelumnya pelayanan nikah sempat ditutup sementara (1/04) kemudian dibuka kembali (29/05) kemarin dengan catatan seluruh petugas pencatat nikah menerapkan protokol kesehatan. Kemudian untuk kedua mempelai, agar mengurangi personil untuk melangsungkan pernikahan.

“Jadi dibatasi, baik dari sebelah perempuan atau dari laki-laki untuk mengurangi personil yang datang ke pernikahan tersebut, serta juga ketika ingin melaksanakan resepsi pernikahan agar menegakkan SOP Kesehatan,” terangnya.

Menurut Ahmad Tibroni, setelah pelayanan nikah dibuka kembali (29/05) kemarin, langsung banyak masyarakat yang melaksanakan pernikahan. “Sampai saat ini, melalui penutupan kemarin, dan banyak yang tertunda, ada sekitar diatas 80 pasang yang melaksanakan pernikahan,” tukasnya.

Ia menambahkam, berdasarkan informasi yang didapatkan dari KUA yang ada di kabupaten Belitung, sudah mulai banyak pasangan yang mendaftar pernikahan sebelum Idul Adha 2020 mendatang. “Sebelum Idul Adha ini, masyarakat sudah banyak yang mendaftarkan diri untuk segera dicatatkan pernikahan mereka,” tandasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah