Stok Darah di PMI Hanya Cukup untuk Beberapa Hari

by -
ilustrasi

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Ketersediaan darah di PMI Kabupaten Belitung dipastikan hanya cukup bertahan hingga beberapa hari kedepan.

Saat ini stok darah di PMI golongan darah A sebanyak 26 kantong, golongan darah B 20 kantong, golongan O 23 kantong dan golongan AB 8 kantong.

“Lumayan, cuma ini untuk bertahan selama beberapa hari kedepan, sebagian juga suda ada yang punya,” kata sekertaris PMI Kabupaten Belitung Bustam kepada Belitong Ekspres, Rabu (27/03).

Bustam menyebutkan bahkan sekitar 2 hari yang lalu, stok beberapa golongan darah di PMI kabupaten Belitung sempat kosong yaitu darah AB dan B. “Beberapa hari ini pemakaian yang akarena pemakaian tinggi, rata-rata darah B dengan darah AB,” terangnya.

Lebih lanjut Bustam mengatakan, untuk mengantisipasi kekosongan hal tersebut pihaknya akan menggunakan teknik terdahulu yaitu mencari pendonor pengganti.

“Yaitu dengan mengajak dari keluarga pasien tersebut untuk berdonor, rekan, mitra-mitra supaya bisa diajak ke PMI. Nah itu tekniknya,” ujarnya.

Antisipasi lainnya pun akan segera dilakukan yaitu dengan aksi donor di beberapa tempat di Kabupaten Belitung, yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

“Rencana aksi donor diantaranya di Lazismu. Kemudian rencananya kita akan aksi donor bersama dengan komunitas pariwisata dengan kopi Janggut menjadi sponsor di tempat bang Diran. Untuk tanggalnya segera di infokan,” tandasnya. (dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *