Stok Darah PMI Menipis

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Berharap Masyarakat Aktif Donor Darah, PMI Siap Jemput Bola

TANJUGPANDANDAN-Kebutuhan akan darah untuk proses medis di Belitung tiap tahun terus meningkat. Sayangnya, meningkatnya kebutuhan darah ini, tak diimbangi dengan kesadaran warga masyarakat dalam berdonor darah. Akibatnya, stok darah di PMI Kabupaten Belitung terbilang minim.
Kondisi seperti ini seperti disampaikan oleh Kabid Teknis unit Donor Darah PMI kabupaten Belitung Hanawi, pada Belitong Ekspres senin(09/2) kemarin. Dikatakan, kontribusi masyarakat untuk mendonorkan darahnya masih terbilang minim. Dan untuk mencukupi kebutuhan darah, PMI Belitung terus bekerja keras melakukan berbagai aktivitas hingga jemput bola.
Menurut Hanawi, setiap tahun warga pendonot darah melalui PMI di Kabupaten Belitung terus bertamabah. Namun, kebutuhan darah di Belitung faktanya juga juga terus meningkat.  ” Contohnya darah golongan B stoknya sangat minim, bahkan saat ini lagi kosong,’’ ungkap Hanawi.
Hanawi menjelaskan, untuk memenuhi stok darah, PMI dapat mlakukan dengan dua cara. Pertama, dengan donor darah suka rela (DDS),  yakni darah didapat dari para pendonor secara suka rela. Lantas, kedua, donor darah pengganti  (DDP). Sistem ini, darah yang di dapat dengan mengmbil langsung dari golongan darah yang sama seperti keluarga.
Hanawi menambahkan, bagi masyarakat yang mau mendonorkan darah, PMI siap langsung ke lokasi. Baik itu kelompok warga masyarakat, instansi negeri dan swasta hingga komunitas tertentu.
Hanawi, mengharapkan pada masyarakat untuk mendonorkan darahnya, guna membantu saudara-saudara yang membutuhkan. “Jangan takut untuk mendonorkan darah, selama kita makan maka darah yang ada di tubuh kita akan terus bereproduksi,’’ paparnya.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Tugas PMI Belitung, Zakaria menambahkan, donor darah itu sehat karena darah yang ada ditubuh kita akan berganti baru. Dengan demikian, tubuh manusia menjadi sehat. (mg1)

Baca Juga:  Kampanye Akbar PBB Akan Digoyang Artis Ibu Kota

Rate this article!
Stok Darah PMI Menipis,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: