Sudah “Berumur” Petugas Kebersihan DLH Belitung Diputus Kontrak, Lalu Protes Datangi Kantor DPRD

by -
Sudah "Berumur" Petugas Kebersihan Diputus Kontrak
Suasana rapat mediasi antara petugas kebersihan dengan DLH Kabupaten Belitung di Kantor DPRD Kabupaten Belitung, Rabu (4/12)

“Kami masih bisa bekerja, bahkan ada yang sudah 44 tahun bekerja. Jadi tolong supaya kami masih bisa bekerja sebagai petugas kebersihan.”

Dahlan, Perwakilan Petugas Kebersihan

“Tapi mereka harus tetap menuruti aturan. Jadi sampai Maret nanti mereka kita beri kesempatan sebelum memasuki masa pensiun. Nanti kalau ada yang berkeinginan atau berminat kita akan bentuk KSM khusus pengelola sampah (Kelompok Swadaya Masyarakat) itu,…”

Edi Usdianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung

 

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebanyak 26 orang petugas kebersihan yang berumur di atas 60 tahun mendatangi kantor DPRD Kabupaten Belitung, Rabu (4/12).

Kedatangan tersebut untuk menyampaikan keluhan mereka terhadap adanya sebuah peraturan, di mana faktor umur yang membuat mereka tidak bisa lagi bekerja sebagai petugas kebersihan di DLH Kabupaten Belitung.

Salah satu perwakilan dari petugas kebersihan, Dahlan, dalam rapat mengatakan bahwa mereka tidak terima tentang pemberhentian kontrak mereka dengan DLH Kabupaten Belitung.

Menurutnya, walau pun sudah lanjut usia tetapi mereka masih sanggup untuk bekerja. Terlebih katanya, hanya pekerjaan inilah yang bisa mereka lakukan sebagai mata pencaharian.

“Kami masih bisa bekerja, bahkan ada yang sudah 44 tahun bekerja. Jadi tolong supaya kami masih bisa bekerja sebagai petugas kebersihan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, mengatakan, peraturan petugas dengan batas umur 60 ini diterapkan karena harus dilakukan perubahan-perubahan.

“Tujuan mereka adalah menyampaikan aspirasi bahwa tidak diperpanjang kontrak mereka. Saya sampaikan bahwa untuk aturan mereka harus dilakukan untuk melakukan perubahan-perubahan. Mereka secara personal sudah pernah menemui pak Bupati dan kemudian mereka tidak puas kemudian mereka meneruskan ke DPRD,” kata pria yang akrab disapa Edu ini, ketika dijumpai usai rapat, Rabu (4/12).

Katanya, ia siap melayani para petugas tersebut. Namun demikian, ia sebagai pihak pengelola anggaran harus teliti dalam menyikapi hal ini.

“Jangan sampai nanti kemudian hari menjadi suatu permasalahan. Saya tidak mau tangan dua jadi satu,” tegas Edu.

Kata Edu, alasannya kenapa adanya aturan yang membuat petugas berumur 60 tahun ke atas tidak bisa bekerja lagi, lantaran sudah tidak produktif lagi. Mengingat tidak adanya santunan berupa asuransi ataupun dana pensiun terhadap mereka.

“Sekarang mereka itu tenaga kontrak bukan tenaga honorer. Kesulitan kita nanti dalam memberikan kesejahteraan kepada mereka, seperti asuransi mereka dan pensiun kan tidak ada. Ini yang menjadi pertimbangan kita,” jelasnya.

Jadi, kata Edu, dalam hasil rapat dengan DPRD tadi, selama tiga bulan ini petugas dengan umur diatas 60 tahun itu tetap bisa bekerja.

“Tapi mereka harus tetap menuruti aturan. Jadi sampai Maret nanti mereka kita beri kesempatan sebelum memasuki masa pensiun. Nanti kalau ada yang berkeinginan atau berminat kita akan bentuk KSM khusus pengelola sampah (Kelompok Swadaya Masyarakat) itu, karena banyak potensi yang bisa digarap dari pengolaan sampah ini,” sebut Edu.

“Ke depan petugas kebersihan bukan hanya mengangkut sampah saja, tetapi mereka sudah punya pengetahuan bahwa sampah sampah ini harus dipilah,” tambahnya

Selain itu, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori mengatakan dalam hasil rapat mediasi tersebut ada dua putusan. Putusan yang pertama, di bawah umur 60 tahun itu masih diakomodir seperti biasa, sesuai dengan aturan DLH.

“Kemudian yang kedua, mereka yang sudah berumur di atas 60 tahun akan dipekerjakan lagi selama 3 bulan sebagai sosialnya mereka. Jadi Januari Februari Maret mereka masih bisa bekerja. Kalau bicara aturan tidak ada, karena mereka tenaga kontrak sesuai dengan perjanjian per tiga bulan. Jadi tiga bulan ini sebagai persiapan mereka,” pungkas politisi partai berlogo banteng ini.

 

Editor: Subrata

Reporter: Faizal