Sukses Jalak Sakti, Susul Angkasa Yudha

by -

TANJUNGPANDAN-Suksesnya acara Latihan Jalak Sakti, Selasa (31/5) membawa dampak positif bagi Lanud HAS Hanandjoeddin. Sebab, ada kemungkinan, Belitung terpilih menjadi tempat latihan tertinggi TNI AU, yakni Angkasa Yudha, September 2016 mendatang.

Kepala Staff Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriyatna mengatakan, lokasi di Belitung sangat strategis untuk dilaksanakan latihan tertinggi Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

Kata, Kasau rencana kegiatan Angkasa Yudha akan dilaksanakan pada September 2016 mendatang. Untuk lokasi, ada dua kemungkinan yakni Tanjungpandan Belitung dan Pulau Natuna Kepulauan Riau.

“Kemungkinan besar, kita akan laksanakan di Belitung. Sebab, ditempat ini (AWR Buding,red) tempat yang strategis untuk latihan perang,” ujar Jenderal Bintang Empat ini, kepada Belitong Ekspres.

Sebelum melakukan latihan Angkasa Yudha, dirinya memerintahkan jajarannya untuk berlatih dan mengevaluasi kesalahan yang terjadi, saat latihan Jalak Sakti, beberapa waktu lalu.

“Kami ingin latihan Angkasa Yudha mendatang harus lebih sempurna. Tidak ada kesalahan. Sebab, latihan ini sangat menentukan, terutama menghadapi perang,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi menyambut baik rencana dilaksanakannya Angkasa Yudha di Belitung. Sebab, kata Rustam, latihan seperti itu harus dilakukan agar TNI AU lebih solid. “Merupakan suatu penghargaan bagi kami, jika kita dipercaya menggelar Angkasa Yudha,” kata Gubernur Babel.(kin)