Sukses, Launching Festival Laskar Pelangi 2015

by -

foto A- launching flp 2015
FLP 2015 ON THE ROAD: Dari kiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel Hendra Polo, Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani, Anggota DPD RI Tellie Gozelie, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hermanto, Pelaku Pariwisata Belitung Kusuma Kosasih dan Anggota DPRD Provinsi Heliyana, saat Launcing Festival Laskar Pelangi 2015, Sabtu (1/8) akhir pekan lalu. INSERT: Salah satu turis asal Jerman saat memberikan tanggapan atas kegiatan bersama Fithrorozi.

 Sukses, Launching Festival Laskar Pelangi 2015
*Dukungan Berbagai Pihak Terus Mengalir, Antusiasme Warga Luar Biasa

TANJUNGPANDAN-Festival Laskar Pelangi (FLP) 2015 resmi dilaunching, Sabtu ( 1/8), malam di Jalan Endek, tepatnya depan Rumah Kapiten, Tanjungpandan Belitung. Acara launching yang diisi sejumlah performing art dari anak-anak remaja, pemuda dan seniman Belitong ini mengundang perhatian masyarakat luas. Beberapa turis asing nampak berbaur dengan penonton menikmati sejumlah penampilan apik para seniman Belitung.

Warga Belitung dari anak, remaja hingga dewasa rela berdesakan untuk menyaksikan langsung acara yang diberi judul, “Fesitival Laskar Pelangi 2015, on The Road,” itu. Acara diisi penampilan musik gambus Belitong SMPN 2 Belitung, performing art, musik anak muda, pembacaan puisi oleh Diran dan sejumlah tari kreativitas orisinil anak-anak Belitong.

Saking antusiasnya masyarakat, meski acara peluncuran Festival Laskar Pelangi ini sudah selesai, banyak warga masih berkumpul dan ikut berdendang menghabiskan malam minggu di lokasi acara. Untuk puncak acara FLP 2015 rencananya akan dilangsungkan 27-29 Agustus 2015 di Pantai Tanjungtinggi.

Rangkaian kegiatan ini, tanggal 7 Agustus 2015 pukul 14.00 WIB di Museum Kata, Gantung, juga akan dilangsunkan on the road FLP juga dengan format yang lebih lengkap. Di antaranya menampilkan 700 penari lengkap dengan dandanan khas. Andrea Hirata dijadwalkan juga hadir di Museum Kata.

Sejumlah agenda untuk memeriahkan FLP 2015 di Tanjungtinggi ini sudah disiapkan panitia. Yang pasti konsep yang diambil saat ini yakni Tarian, meski tetap akan ada apsek sastra dan musik yakni Puisi dan Jazz. FLP 2015 ini didukung oleh Lor In Belitung Hotel, PT. Ranati, Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung, Pemerintah Kab. Belitung, Museum Kata Andrea Hirata dan Harian umum Belitong Ekspres selaku media partner dalam FLP 2015 ini.

Peluncuran FLP 2015 dilakukan oleh Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani dan Anggota DPD RI Tellie Gozelie ditandai dengan pemukulan alat musik rebana gambus khas Belitong. “Semoga acara FLP 2015 berlangsung sukses dan mampu membawa Belitung maju ke depan,’’ ujar Erwandi A Rani didampingi Ketua Panitia Kusumah Kosasih.

Hadir juga dalam acara launching sekaligus mendampingi pembukaan, Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel Hendra Polo, Anggota DPRD Provinsi Babel Heliyana, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Belitung Hermanto, perwakilan Dinas Pariwisata Babel. Nampak pula sejumlah tokoh masyarakat di antaranya Haji Tare, Haji Namo dan Plt Camat Tanjungpandan Fitrorozi yang juga iktu memandu acara malam itu. Lantas ikut hadir pula, Direktur PT Ranati Asriningati.

Erwandi A Rani mengatakan, dirinya mewakili Pemerintah Kabupaten Belitung mendukung secara penuh terselenggaranya kegiatan launching FLP 2015 ini. Wabup berharap, agar Festival Laskar Pelangi terus sehingga bisa jadi agenda tahunan, setelah sebelum-sebelumnya juga sukses digelar.

“Kita akan support (dukung,Red) adanya kegiatan ini. Saya berharap, dengan adanya Festival Laskar Pelangi 2015 ini, dapat menarik wisatawan lokal, domestik, bahkan mancanegara untuk datang ke Belitung,” ujar Erwandi A Rani.

Adanya kegiatan ini, merupakan salah modal awal untuk memajukan pariwisata Belitung. Selain itu, Wabup juga meminta kepada masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban di Belitung. “Kalau Belitung aman, pasti banyak wisatawan yang datang. Apalagi ditambah dengan adanya Festival Laskar Pelangi ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPD RI asal Belitong Tellie Gozelie, memberikan apresiasi kepada panitia dan pelaku pariwisata atas dilaksanakannya kegiatan ini. “Intinya kami mendukung atas dilaksanakannya acara ini. Dengan adanya Festival Laskar Pelangi, diprediksi banyak wisatawan berkunjung ke Belitong. Dan mari sama-sama menjaga keindahan dan kebersihan termasuk pantai,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Belitung dan Ekonomi Kreatif Belitung Hermanto mengatakan, pihaknya sangat apresiasi dengan panitia dengan adanya festival yang sudah kesekian kalinya tersenggara. Dan, dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan signifikan. “Dengan adanya empat pilar yakni pelaku wisata atau pihak swasta, pemerintah daerah, DPRD dan Pers, saya yakin akan sukses,’’ paparnya dengan penuh optimis.

Anggota DPRD Kabupaten Belitung Heliyana mengatakan, pihaknya juga sangat mendukung secara penuh atas terselengaranya kegiatan ini. Heliyana juga menyatakan siap mendukung dengan dana bantuan sebesar Rp 100 juta untuk suksesnya kegitan ini.

Ketua Panitia Kusumah Kosasih mengatakan, untuk suksesnya kegiatan ini, dibutuhkan dukungan semua pihak, masyarakat swasta dan pemerintah. “Untuk itu, kami mohon pihak-pihak yang bisa ikut mendukung kegiatan ini, bisa ikut serta memajukan pembangunan daerah,’’ ungkapnya.(kin)