Sumbangan Buku Capai 137 Eksemplar

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

 

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Basuri T Purnama secara simbolis menyumbangkan 14 buah eksemplar buku kepada Perpustakaan Daerah. Penyerahan ini berlangsung seusai Pembukaan Lomba Bercerita di Gedung Perpustakaan Daerah Komplek Perkantoran Pemerintah Terpadu, Selasa (21/5).

Sumbangan buku tersebut merupakan sumbangan wajib bagi pegawai baik PNS maupun non-PNS yang telah melakukan perjalanan dinas ke luar daerah (SPD). Bupati merupakan individu terbanyak yang menyumbangkan buku ke Perpustakaan Daerah. Sedangkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), merupakan SKPD yang terbanyak yang menyumbangkan buku dengan total 32 buah eksemplar.

Sejak diberlakukan awal Maret 2015 lalu, Kantor Perpusatakaan, Arsip, dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Beltim mencatat baru 14 SKPD yang menyumbangkan buku. Dengan jumlah buku yang disumbangkan mencapai 137 buah eksemplar. Buku-buku ini akan dipergunakan untuk menambah koleksi buku di perpustakaan, serta akan dibuatkan ruangan khusus buku sumbangan.

Baca Juga:  Rujit Gratis Diserbu Warga

“Kami dari perpustakaan Daerah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sumbangan buku-buku ini. Apa pun bukunya akan sangat bermanfaat untuk menambah koleksi. Kita memang tidak membatasi atau mengarahkan mesti buku spesifik. Namun khusus untuk buku sumbangan tidak akan kita taroh sama dengan buku dari koleksikita tapi akan dibuatkan ruangan tersendiri,” kata Kepala KPAD Beltim, Ruspandi.

Ruspandi mempersilahkan pihak yang menyumbangkan buku menuliskan namanya pada buku yang disumbangkan. Hal ini untuk mengingatkan siapa pun yang membaca bahwa buku tersebut merupakan sumbangan dari hasil SPD. Ia yakin dengan banyaknya pegawai yang melakukan SPD, koleksi buku di Perpustkaan daerah akan terus bertambah.

“Kita tidak pernah menargetkan atau membatasi judul serta jenis buku yang bisa disumbangkan. Mau itu buku referensi, novel, atau apa saja kita tidak mempermasalahkan. Yang jelas buku yang disumbangkan harus diterbitkan secara nasional,” ungkap Ruspandi.

Baca Juga:  Peluncurkan e-Filling, Wabup Beltim Jadi WP Pertama Isi Laporan Pajak

Sementara itu, Bupati Beltim berharap PNS yang akan meminjamkan buku dapat memilihkan buku yang bermutu, sehingga pembaca yang membacanya kan tertarik.

“Perpustakaan merupakan salah satu kunci kita.  Dengan banyaknya ilmu dan informasi di situ, sehingga banyak masayarakat yang akan mendapatkan pengetahuan. Jika PNS punya kesadaran bahwa kemajuan Kabupaten Beltim adalah tanggung jawab mereka, mereka pasti akan memilih buku-buku yang bagus,” kata Basuri.

Basuri juga menyatakan akan terus berkampanye untuk mengajak jajaran dan masyarakat cinta membaca dan selalu mengunjungi perpustakaan.“Makanya saya minta agar perpustakaan ini buka terus setiap hari, sampai jam 9 malam. Buatlah agar perpustakaan ini menjadi tempat yang nyaman agar ramai masyarakat yang berkunjung ke sini,” tutupnya. (feb

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: