Sungaipadang Dapat Rp 2 M?

by -

SIJUK-Desa Sungaipadang diperkirakan akan mendapat dana Rp 2 miliar dari Kementerian Pariwisata tahun ini. Dana tersebut dipakai untuk mengembangkan Desa Sungaipadang menjadi Desa Wisata. Tepatnya tak jauh dari jeramba Sungaipadang akan dibangun taman, dan panggung seni.
“Itu bantuan dari pusat. Pusat pun sudah merespon untuk membuat taman dan pentas seni budaya,” kata Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) usai membuka festival jeramba Sungaipadang 2, Senin (16/2) kemarin.
Pembangunan akan dimulai tahun ini. Sungaipadang dipilih,  karena desa ini punya potensi menjadi desa wisata nasional. Karena potensinya lengkap, mulai dari pantai ada, pulau ada, mangrove ada, budayanya jug ada. “Desa yang cukup komplit dan masyarakatnya begitu juga,” tukasnya.
Pemerintah daerah sendiri otomatis mensuport dari infrastruktur dan bantuan dari segi dana untuk kegiatan. Termasuk pembangunan galeri untuk memasarkan produk usaha kecil menengah (UKM) dari Sungaipadang.  Misalnya belacan (terasi) Sungaipadang yang sudah terkenal. “Mereka nanti memasarkan belacan Sungaipadang, hasil laut, jadi wisatawan tidak usah jauh mencari oleh-oleh,” pungkasnya.(ade)