Supir Truk Ekspedisi Sumbang Kasus Positif Covid-19 di Belitung

by -
Supir Truk Ekspedisi Sumbang Kasus Positif Covid-19 di Belitung
Foto ilustrasi.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Belitung kembali menyampaikan penambahan 2 pasien baru yang positif terjangkit Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Belitung sekaligus Ketua GTPPC Kabupaten H. Sahani Saleh, S.Sos dalam keterangan tertulisnya, Selasa (09/06) sore ini.

“Hasil pemeriksaan uji PCR swab di Laboratorium Biomedis RSUD dr H Marsidi Judono kembali menemukan 2 pasien positif Covid-19 yaitu pasien 1075 dan pasien 1124,” katanya.

Menurut Sanem sapaan karib Bupati Belitung, pasien 1075 yang berinisial TS, laki-laki usia 71 tahun, hasil swab ke 1 positif. Pasien 1124 inisial AI, laki-laki usia 43 tahun, hasil swab ke 2 positif.

“Sehingga 2 pasien baru ini menambah jumlah pasien positif Covid-19 di Pulau Belitung menjadi 16 orang, yang 5 di antaranya sudah sembuh,” terang Sanem.

Dikatakan Sanem, TS adalah pasien ke-15 positif Covid-19 dan AI adalah pasien ke-16 positif Covid-19 yang ditemukan dan diisolasi di RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

Dia menjelaskan, pasien 1075 merupakan hasil tracing dari kasus pasien positif Covid-19 nomor 965 yang kontak saat bertemu di Rumah Duka. Pertama kali pasien ini diperiksa rapid test pada ranggal 26 Mei 2020 dengan hasil non reaktif.

Kemudian TS diperiksa kembali rapid test kedua pada tanggal 6 Juni 2020 dengan hasil reaktif. Dan, yang bersangkutan langsung diisolasi di RSUD dr H Marsidi Judono.

“Saat ini kondisi pasien 1075 dalam keadaan sehat, tidak ditemukan gejala klinis terkait Covid-19,” terang Bupati Belitung.

Selanjutnya, AI adalah pasien yang dirujuk oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Puskesmas Badau. Setelah dilakukan pemeriksaan rapid test di posko Covid-19 Pelabuhan Tanjung Batu, pasien 1123 dengan hasil reaktif.

“Pasien tersebut adalah supir truk pengangkut barang (ekspedisi) yang menggunakan kapal angkut dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Batu Belitung,” jelasnya.

Di RSUD dr H Marsidi Judono, pasien pasien 1124 kembali dilakukan rapid test dengan hasil yang juga reaktif Sehingga langsung diisolasi di RSUD. “Kondisi pasien 1124 saat ini juga dalam keadan sehat, tidak ditemukan gejala klinis terkait Covid-19,” terang Sanem.

Sampai hari ini, Pusat Deteksi dan Isolasi Covid-19 RSUD dr H Marsidi Judono sedang mengisolasi dan merawat 11 pasien positif Covid-19 dan 2 OTG rapid test Reaktif.

“Jadi, total pasien yang dirawat di ruang isolasi Covid-19 RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung saat ini berjumlah 13 pasien,” tandasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah