Susi Yuslih Ingin Perempuan Agar Lebih Baik

by -
Bupati Beltim, bersama Istri, Susi Yuslih Ihza.

Bupati Beltim, bersama Istri, Susi Yuslih Ihza.

MANGGAR – Memperingati hari Kartini, yang setiap tahunnya jatuh pada 21 April, disikapi oleh Ibu Bupati Belitung Timur (Beltim), Susi Yuslih, dengan menaruh harapan yang lebih baik dan lebih maju.

Susi yang ditemui Belitong Ekspres, Rabu (20/4) kemarin, berpendapat perempuan harus mendapatkan persamaan kesempatan. Perempuan tidak seharusnya rendah diri tetapi harus mampu menunjukkan kualitas diri.

“Jangan ada keterbelakangan perempuan. Sekarang tidak zaman lagi membedakan perempuan, jangan lagi hanya bisa bekerja dirumah saja. Seperti ungkapan dapur, sumur dan kasur,” ujar Susi yang juga didampingi oleh Ibu Sekda Beltim, Harimah Talafudin.

Peringatan hari Kartini, lanjutnya bukan hanya sebatas sanggul dan kebaya. Namun, perempuan harus lebih berkualitas dan berperan penting sebagai Ibu Rumah Tangga.

Dirinya juga mengatakan, perempuan harus menunjukkan apresiasi sesuai minat masing-masing. Tanpa keterpaksaan dan sikap malu berperan aktif.

“Jangan malu, banyak perempuan pintar tapi jangan malu berapresiasi. Harapan saya, semoga jauh lebih baik dan peran serta di rumah tangga juga tetap dan harus diperhatikan,” ucapnya.

Sementara itu, tanggal 21 April adalah kilas balik perjuangan Kartini dalam membebaskan belenggu atas perempuan. Perempuan masa kini harus berpendidikan dan mampu menjadi manajer bagi keluarga.

“21 April adalah flash back, kaum wanita bisa mempunyai ilmu bukan untuk memaksa diri mensejajarkan diri. Meskipun pendidikan tinggi, perempuan tetap kembali ke rumah tangga sebagai tugas utama,” jelas Istri Bupati Yuslih Ihza tersebut.

Dirinya menilai karir yang signifikan harus seimbang dengan tugas mendidik anak dan mendampingi suami. Bekal pendidikan tentunya menjadi modal utama dalam melakoni tugas rumah tangga.

“Mendidik anak dan mendampingi suami butuh ilmu dan wawasan dasar. Dan kalaupun punya karir diluar, tidak serta merta melupakan tugas sebagai Ibu Rumah Tangga. Dibalik pria yang hebat pasti ada perempuan yang hebat. Itu juga yang diinginkan Kartini,” tegasnya.

Susi, mengharapkan momentum hari Kartini membuat perempuan dimanapun harus maju. Mampu menempatkan diri dan mengingat kembali peran perempuan. Pesan Kartini harus dijadikan contoh bagi perempuan masa kini. Setidaknya, melalui urusan pemberdayaan perempuan pada satuan kerja Pemerintah daerah.

“Perempuan harus bisa menjadi kebanggaan, jadi sebuah contoh bagi yang lain, bahwa kita bisa maju, proaktif dan berperan serta. Kartini sudah memberikan contoh, kenapa tidak kita ikuti dan teladani. Selanjutnya Kita perlu membuat aksi-aksi konkret pada semua bidang kehidupan yang bertujuan mengangkat harkat dan martabat perempuan sebagai warga negara sepenuhnya dan manusia seutuhnya,” tuntasnya.

Pada kegiatan hari Kartini, Pemerintah Daerah melalui Ibu Dharma Wanita Pemkab Beltim akan menggelar kegiatan, di antaranya donor darah dan lomba busana yang akan dilaksanakan tepat pada Kamis (21/4) hari ini, yang juga bertepatan dengan hari Kartini. (feb)