Syarat Buat SIM, Satlantas Polres Belitung Berlakukan Tes Psikologi

by -
Syarat Buat SIM, Satlantas Polres Belitung Berlakukan Tes Psikologi
Salah satu pemohon SIM yang lulus tes psikologi dan tes SIM, berfoto di Satlantas Polres Belitung, kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Satlantas Polres Belitung kini mulai memberlakukan tes psikologi bagi masyarakat yang hendak membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal itu berlakukan sejak Senin (1/2) lalu.

Kasatlantas Polres Belitung AKP Dwi Purwaningsih mengatakan, pemberlakuan pembuatan SIM sekarang harus disertai surat tes psikologi. Hal itu sudah dilakukan di sejumlah Polda yang ada di Indonesia.

“Kalau di Jawa maupun di kota besar, sudah diberlakukan sejak tahun 2020 lalu. Untuk di Polda Babel baru tahun ini,” kata AKP Dwi Purwaningsih kepada Belitong Ekspres, Kamis (4/2) kemarin.

Wanita berjilbab ini menjelaskan, tujuan utama diberlakukan hal tersebut agar polisi dapat mengetahui kondisi kejiwaan calon pemohon SIM. Dalam hal ini, jika tidak lulus tes maka tidak dapat membuat SIM.

“Tes kejiwaan memang perlu. Agar pemohon mengerti dan mematuhi peraturan berlalu lintas. Dengan adanya tes ini, diharapkan angka kecelakaan di Belitung menurun,” jelas Kasatlantas Polres Belitung.

Menurut AKP Dwi, Jajaran Satlantas Polres Belitung sudah mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai tata cara membuat permohonan SIM terbaru. Yakni harus dilengkapi dengan surat keterangan dari psikolog.

“Semenjak diberlakukan tes psikolog, pemohon SIM di Belitung jauh menurun drastis. Sebab beberapa pemohon banyak yang tidak lulus,” ungkap mantan Kapolsek Sijuk ini.

Sementara itu, Sefti pengurus SIM asal Tanjungpandan ini mengatakan, dirinya datang ke Satlantas Polres Belitung untuk membuat permohonan SIM C. Katanya, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi.

“Salah satu surat tes lulus psikologi. Saya sudah mengikuti tes. Alhamdulillah lulus. Untuk tes ini dikenakan biaya Rp 75 ribu. Kita tesnya di Simpang AW (kawasan Air Merbau,red),” kata wanita berparas manis ini. (kin)