Syarat Miliki Tabungan Rp25 Juta Untuk Permohonan Paspor Dicabut

by -

PANGKALPINANG  –  Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Alwen Nursyam Malik memastikan bahwa  Kebijakan Permohonan Paspor  Baru dengan Ketentuan Harus Memiliki Rekening Tabungan Sebesar Rp.25 juta rupiah telah secara resmi di cabut terhitung  20 Maret 2017.  Dimana sebelumnya kebijakan ini diterbitkan pada 6 Maret 2017.

“Sejak awal  sebenarnya  surat edaran ini hanya sebagai profilling di internal Imigrasi, saja guna di jadikan petunjuk bagi seluruh jajaran Imigrasi pada saat melakukan proses penerbitan paspor dan atau pemeriksaan keimigrasian di TPI guna mencegah terjadinya TKI non-prosedural. Hanya saja ternyata sejak di keluarkan, justeru langsung berpolemik di tengah-tengah masyarakat,” ujar Alwen dalam Jumpa Press,  Rabu  (22/03).

Oleh karena itulah pihaknya kini menginformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa surat edaran tersebut terhitung 20 Maret 2017 sudah tidak berlaku lagi dan secara otomatis pengajuan permohonan paspor telah di kembalikan seperti semula.

“Jadi sekarang sekali lagi sudah tidak ada persyaratan setiap pemohon harus punya uang tabungan di rekening senilai 25 juta rupiah. Karena memang sejak di implementasikan dari awal ternyata  langsung ada reaksi dari masyarakat, makanya kemudian langsung di evaluasi dan kemudian secara resmi di cabut,”ujar Alwen lagi.

Kebijakan Permohonan Paspor Baru Dengan Ketentuan Harus Memiliki Rekening Tabungan 25 Juta Rupiah tersebut jelas Alwen dari semula adalah memang di maksudkan oleh pemerintah sehubungan dengan banyaknya terdapat WNI di luar negeri yang menjadi Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan modus operandinya adalah menjadikan TKI-Non Prosedural melalui motif umroh, haji khusus, magang, bursa kerja khusus, kunjungan keluarga dan wisata.  (lya)