Tabur Bungan untuk Pahlawan Bangsa

by -

//Pemerintahan di Belitung Gelar Upacara Bendera

 

foto A- hari pahlawan tabu bunga sanem

Bupati Sahani Saleh saat tabur bunga di Makam Pahlawan Ksatria Tumbang Ganti, kemarin. INSERT: Kapolres Belitung saat menjadi irup di upacara di Makam Pahlawan.

TANJUNGPANDAN- Memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945, unsur pemerintahan di daerah Kabupaten Belitung menggelar upacara. Upacara dan rangkaian kegiatan dilaksanakan di tiga tempat berbeda, yakni Gedung Nasional, Makam Pahlawan Ksatria Tumbang Ganti dan Pelabuhan Nusantara Tanjungpandan, Selasa (10/11) kemarin.

Terlihat hadir dalam upacara ini Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara, Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus, Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Anang Heru Setyono dan sejumlah pejabat perwakilan dari unsur Forkominda Belitung.

Selain itu, terlihat hadir Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga kerja Haziarto, Komandan UP3M Lettu CPM Nur Sandrong, Danpos Mendanau Kapten PM Muhammad Salam dan Wakapolres Belitung Kompol Muslim Nanggala.

Bertindak sebagai Inspektur upacara di Gedung Nasional Bupati Belitung Sahani Saleh yang memimpin upacara. Sedangkan di Makam Pahlawan Ksatria Tumbang Ganti Inspektur upacara di Pimpin Kapolres Belitung AKBP Candrta Suka kumara dan di Pelabuhan Nusantara Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Anang Heru Setyono.

Bupati Belitung Sahani Saleh yang akrab disapa Sanem itu mengatakan, kegiatan peringatan Hari Pahlawan ini dilaksanakan tiap tahun sekali. Untuk tema tahun ini tema yang diambil, “Semangat Kepahlawanan adalah Jiwa Ragaku”. “saya berharap, dengan tema ini masyarakat terus ingat akan perjuangan pejuang-pejuang Bangsa Indonesia yang gugur di berbagai medan laga, termasuk semasa pertempuran merebut kemerdekaan RI tahun 1945,” ujar Sanem dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Belitung Haziarto mengatakan sudah sepantasnya generasi penerus menghargai perjuangan para pahlawan. Meski hanya sebatas seremonial, namun generasi saat ini harus memahami perjuangan pahlawan yang tidak mudah merebut kemerdekaan melawan penjajah.

“Sudah sewajarnya ada kegiatan peringatan inji. Alhamdulilah kegiatan ini terlaksana dengn baik, dukungan cuaca cerah dan tidak hujan. Yang terpenting kita harus tetap memperhatikan jasa dan nilai kepahlawanan pejuang,” kata Haziarto, Selasa (10/11) kemarin.

Menurut Haziarto, Dinsosnakertrans rutin memberikan santuan kepada pejuang yang saat ini masih hidup. Kira-kira jumlahnya saat ini sebanyak 30 orang. “Sewajarlah kita memberi perhatian lebih kepada orangtua kita. Sekarang ini dibawa binaan dinas sosial akan terus kami perhatikan,” kata dia. “Sekarang ini bagaimana berjuang untuk mengisi pembangunan. Tentunya sesuai bidangnya masing-masing, asal positif dan memberikan dampak positif,” tukas Haziarto. (ade/kin/mg1)